pembukaan

Selasa, 28 Maret 2017

MUDIR MA'HAD YANG BIJAK.

                            Hasil gambar untuk bismillah arab                            
                        

Ibarat seorang ibu yang berhasil dalam mendidik anaknya, mereka punya konsep/disiplin waktu, namun ketika ada yang harus berubah (darurat/bukan pelanggaran) maka ibu berpedoman hadis”
Bikinlah mudah dan jangan mempersulit, berilah kabar gembira dan jangan membikin orang lari.
Namun kekurangan adalah sifat manusia (banyak yang lupa perintah/munculnya peraturan yang memberatkan) antara lain:
a)Perjanjian 6 tahun (masa belajar di ma’had tersebut).
b)Denda yang memberatkan.

a)Perjanjian 6 tahun (belajar di ma’had tersebut).
Ortu bilang” Bagaimana andaikan dipertengahan (datang pelamar/anak waktunya menikah)?”

Keputusan hakim tidak bisa diganggu gugat. Melanggar? Bayar denda.
Komentar Faizah: Allah memberi persaratan karena berbahaya/syirik.
Contoh” Dan janganlah kamu nikahi perempuan musyrik, sebelum mereka beriman. Sungguh hamba sahaya perempuan yang beriman lebih baik daripada perempuan musyrik meskipun dia menarik hatimu, begitu juga sebaliknya. Berkaitan dengan QS Al Baqarah 221.

Asalnya nikah diperintah, tapi ada sarat (ketika dia musyrik) jangan nikah dengannya (karena penyebab celaka).  
Bagi para pemuda (barang siapa yang mampu menikah) maka kawinlah!
Rahasianya” Agar selamat dari perzinaan/ma’siyyat, karena pernikahan bisa menjaga kemaluan dan menundukkan pandangan. Pernikahan yang sederhana penyebab datangnya berkah.Tidak usah berlebihan.
Ortu bingung, ta’at peraturan? Melanggar ayat” Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang diantara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka……...QS An Nur 32.     

Maksud guru agar murid pintar/bisa menguasai ilmu-ilmunya.
Namun derajat belum cukup dengan kepandaian saja, melainkan butuh praktik (kesabaran dan kekuatan iman) setelah itu datang hidayah. ” Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk. QS Ad Duha 7.
Nabi asalnya yatim piatu, buta aksara, namun beliau orang yang sabar, tawakkal, dan ikhlas (harta dan jiwanya dikorbankan untuk Allah) serta banyak berzikir sehingga Allah mengangkat derajatnya (Jibril menyampaikan wahyu kepadanya dan beliau paham) Orang bilang: Itu kan Nabi.
Komentar Faizah: Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa. QS Al Hujurat 13. 
Nabi diberi wahyu/mu’jizat. Orang sesat tapi hebat (itu istidroj).
Orang salih? Mimpi seorang mukmin adalah suatu isyarah, dan ini yang sering saya alami (ketika ada kesulitan) saya mohon kepada Allah (lantas paham takwil mimpiku) mampu menjelaskannya.
.
Karena fadlol Allah, sehingga aku berpedoman hadis" Adalah Nabi selalu membaca Al Qur’an selama dia tidak junub. Wallohu A'lam sahih atau tidaknya namun sebagai pendukung QS Al Ahzab 40-44.

Begitu juga sabar atas musibah, bersyukur ketika datang nikmat (tidak lengah/ibadah berkurang) tapi sikap kedisiplinan penyebab datangnya kemudahan.
Menurutku, ujian keimanan lebih berat dibanding ujian bertujuan ijazah, namun balasan lebih besar penyebab datangnya hidayah.
Barang siapa menuntut ilmu untuk mendebat para ulama/untuk mengolok-olok orang bodoh/untuk mengalihkan pandangan manusia kepadanya, niscaya Allah akan memasukkannya kedalam neraka.
Bermaksud keduniaan” Dan barang siapa yang menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian darinya (keuntungan dunia), tetapi dia tidak akan mendapat bagian di akhirat”. QS Asy Syura 20.

b)Denda yang memberatkan.
Dizaman sekarang banyak ortu/pelajar merasa keberatan ketika didenda (harus membayar uang) karena tidak semua orang mampu, terkadang dihukum (mengangkat satu sak semen) semua ini memberatkan.
Mestinya berpedoman kisah para Rasul (Ketika Nabi Yunus pergi  meninggalkan kaumnya) karena dakwahnya tertolak, lantas beliau ditelan ikan besar, lantas Allah mengeluarkannya dari perut ikan disebabkan beliau memperbanyak bacaan”
LAAILAAHA ILLAA ANTA SUBHAANAKA INNII KUNTU MINAZ ZAALIMIIN. 
Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Engkau, Maha suci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim. QS Al Anbiya 87.
Maka sekiranya dia tidak termasuk orang yang banyak berzikir (bertasbih) kepada Allah, niscaya dia akan tetap diperut (ikan itu) sampai hari berbangkit. QS Assoffat 143-144.

Do'a diatas sangat tepat dibaca ketika menghadapi suatu cobaan sehingga diberi jalan keluar/kemudahan. Suatu pendidikan (setelah bany
ak berzikir) dihilangkan kesedihannya. 
Berzikir/beristighfar penyebab terampun dosa, inilah yang terbaik dari pada hukuman yang memayahkan/memberatkan yang tidak ada manfa'atnya.

                       Semoga bermanfaat.            
  
                                Wassalam.
Alamat blog:www.faizahmahrus.blogspot.com



    

0 komentar:

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

About Me

Faizahmahrus
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengunjung