pembukaan

Rabu, 08 Februari 2017

PEMAHAMAN YG BUTUH PENJELASAN.

                
                     

Sering kali wanita nifas tidak salat (40 hari) aku bertanya: Adakah dalil yang mengharamkannya (biasanya yang haram/wajib)tercantum didalam Al Qur an.
Dia menjawab: Semua ustaz  berpendapat seperti itu.
  
Komentar Faizah: Tidak semuanya.
Ketika Rasul mengharamkan madu. Allah menegurnya” Wahai Nabi! Mengapa engkau mengharamkan apa yang dihalalkan Allah bagimu? Engkau ingin menyenangkan hati istri-istrimu? …………QS At Tahrim 1.

Rasul pernah hilaf, apalagi manusia biasa (butuh perbandingan dalil) ” Wahai orang-orang yang beriman! Ta’atilah Allah dan ta’atilah Rasul ……… Jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al Qur an) dan Rasul (sunnahnya) jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian………” QS An Nisa 59.
Dua perkara yang tidak bisa dirubah (Al Qur an dan hadis sahih).

Pendapat dan adat bisa berubah karena datangnya kebenaran.
Manusia salah (wajar).” Sesugguhnya Kami telah menawarkan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, tetapi semuanya enggan untuk memikul amanat itu, dan mereka khawatir tidak akan melaksanakannya (berat)…… . QS Al Ahzab 72.

Begitu juga perasaan berat bagiku membahas masalah ini, namun Allah memberi isyarah kepadaku agar menjelaskannya (keimanan tidak bisa diperdebatkan) sebagaimana pelajar SD diberi makalah Unifersitas. Diantara mereka ada yang bilang” Tidak pernah aku dengar hal ini mulai bapak-bapakku dulu". 

Aku hanya berpedoman” Dan katakanlah (Muhammad), kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu, barang siapa menghendaki (beriman) hendaklah dia beriman, dan barang siapa menghendaki (kafir) biarlah dia kafir. Sesungguhnya Kami telah menyediakan neraka bagi orang zalim, yang gejolaknya mengepung mereka, jika mereka meminta pertolongan (minum) mereka akan diberi seperti air mendidih yang menghanguskan wajah, (itulah) minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek. QS Al Kahfi 29.

Sungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebaikan, Kami benar-benar tidak menyia-nyiakan pahala orang yang mengerjakan perbuatan yang baik itu. QS Al Kahfi 30.
Meninggalkan salat adalah hal yang berat, namun keimanan seseorang bertingkat (ibarat pelajar/tidak ada paksaan dalam menganut agama (islam). 

Kemudian kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih diantara hamba-hamba Kami, lalu diantara mereka ada yang menzalimi diri sendiri, ada yang pertengahan, dan ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan, dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang besar. QS Fatir 32.
Yang dipilih oleh Allah adalah hamba yang ta’at (haram dihindari/wajib dikerjakan) keduanya ada didalam Al Qur an. Pertama yang disebut, orang yang menzalimi diri sendiri, sedangkan yang terakhir adalah orang yang terlebih dahulu berbuat kebaikan. 

Ibarat dagangan bermacam harga/murah laris, kebanyakan wanita senang tidak salat. Begitu juga mahalnya tiket Surga (dengan keimanan yang tinggi) meskipun semua punya alasan:

1)Nifas tidak salat 40/60 hari.
Ustazku dulu bilang: Adanya nifas (40-60 hari) tidak salat, berdasarkan sebagian pendapat sahabat/hadis maukuf, diantaranya" Dari  Anas: Rasul memberi waktu empat puluh hari untuk kaum perempuan kecuali bila melihat suci sebelumnya. Hadis mauquf.

Bukan haram. Dizaman Rasul hadis tidak ditulis (menimbulkan perpecahan dalam berpendapat) karena yang meriwayatkan terkadang pembohong dll. Hadis sahih tidak akan bertentangan dengan ayat.
” Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat Ku bagimu, dan telah Aku ridoi islam sebagai agamamu. QS Al Maidah 3

Rasul seakan-akan marah ketika ada sahabatnya yang membacakan kitab lama (taurat) Beliau bersabda” Andaikan Musa dan Isa masih hidup, harus mengikuti aku (sudah cukup kebenaran Al Qur an sebagai petunjuk jalan yang lurus) Berkaitan dengan QS Yasin 1-4.
Barang siapa yang mati dibawah bendera kefanatikan, maka matinya mati jahiliyyah. Na’uuzu billah…..

2)Nifas tidak salat 3 hari.
Ulama Ibnu Hazem meng qiyaskan kepada haid. ” Warna darah haidl hitam yang sudah terkenal, bila keluar jangan lakukan salat. Bila warna lain, berwudlulah (dan salatlah) ia sekedar darah dari urat. 

Darah hitam keluar (biasanya mulai hari pertama kelahiran) hingga 3 hari, setelah itu berwarna keruh. Dan yang diperintah mengqodo puasa dan tidak mengqodlo salat itu haidl (bukan nifas).

Tidak salat, tidak berpuasa satu minggu (dikatakan Rasul kurang akal dan agamanya) lebih dari tujuh hari termasuk darah istihadoh (tetap salat/puasa) meskipun keluar darah/nanah.

Orang yang suka salat tidak mau qiyas (mendahulukan Al Qur an) takut menghampiri sikap orang munafik” Apabila mereka berdiri untuk salat, mereka lakukan dengan malas. Mereka bermaksud riya’ (ingin dipuji) dihadapan manusia. Dan mereka tidak mengingat Allah kecuali sedikit sekali. QS Al Maidah 142.

Mereka dalam keadaan ragu antara yang demikian (iman atau kafir) tidak termasuk kepada golongan ini (orang beriman) dan tidak (pula) kepada golongan itu (orang kafir) barang siapa dibiarkan sesat oleh Allah maka kamu tidak mendapatkan jalan (untuk memberi petunjuk) baginya. QS Al Maidah 143. Inilah tingkat pertengahan.

3)Nifas tetap salat.
Ia ibarat bisul yang pecah (tidak dibahas dalam Al Quran)Yang diperintahkan itu mandi wiladah (habis melahirkan) karena waktu itu termasuk junub” Wahai orang yang beriman! Janganlah kamu mendekati salat, ketika kamu dalam keadaan mabuk sampai kamu sadar apa yang kamu ucapkan, dan jangan pula (kamu hampiri Masjid ketika kamu) dalam keadaan junub kecuali sekedar melewati jalan saja, sehingga kamu mandi. ……..” QS An Nisa’ 43.

Andaikan nifas termasuk junub maka dilarang masuk Masjid, padahal Asma’ binti Umayyis (habis melahirkan) diperintahkan oleh Rasul” Mandilah, tutuplah farjimu dengan kain lantas ihramlah (hadis muttafaq Alaih).
Ihram itu masuk ke Masjidil haram, andaikan nifas termasuk junub maka Rasul tidak perintah seperti itu (kasihan jamaah haji).    
Ada yang bilang” Apakah tidak memberatkan?
Komentar Faizah: Orang yang rajin salat lantas dilarang, dia akan bertanya (mana dalilnya yang melarang aku salat)?
Mabuk, junub sudah jelas (dilarang salat) begitu juga haid (darah kotor/berpenyakit)” Karena itu jauhilah istri pada waktu haidl. …..QS Al baqarah 222. Apalagi mendekat kepada Allah/salat (harus suci).
” Sesungguh! Salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman”. QS An Nisa 103.

Habis bersalin ibarat orang sakit (salatlah semampunya) Lelaki tidak pernah absen seumur hidup. Salat ibarat orang mandi di sungai. Tidak mandi/salat? Kotor (rohani).
Salat bergandengan dengan puasa. Maryam wanita suci, berkeimanan tinggi, tidak pernah merasa payah meskipun habis melahirkan (tanpa suami) dalam keadaan sedih (diperintahkan)” Sesungguhnya aku bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pengasih, maka aku tidak akan berbicara dengan siapa pun pada hari ini”. QS Maryam 26. 
Maksudnya (dalam menghadapi masalah) baik dalam rumah tangga/Negara, hendaknya meningkatkan ibadah/semakin mendekatkan diri kepada Allah, meskipun puasa lebih berat dari pada salat, sehingga pertolongan Allah datang (Isa bisa berbicara/tidak wajar).

 Maryam (ibarat pelajar kelas tinggi) karena berat  jarang yang kuat.
Dan sedikit sekali dari hamba-hamba Ku yang bersyukur. QS Saba’ 13.”

Yang demikian itu adalah karunia yang besar. (Mereka akan mendapat) Surga Adn, mereka masuk kedalamnya, didalamnya mereka diberi perhiasan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka didalamnya adalah sutera. QS fatir 33. 

Layak balasan bagi mereka yang banyak beribadah, tidak suka absen.
Apabila tidak ada dalil yang mengharamkan (berbahaya)” Dan janganlah kamu mengatakan terhadap apa yang disebut-sebut oleh lidahmu secara dusta “Ini halal dan ini haram” untuk mengada-adakan kebohongan………..QS An Nahl 116.

Meskipun seribu pendapat melarang salat waktu nifas, namun Allah tidak mengharamkannya, aku lebih baik mendahulukan Al Qur an.  
Islam permulaannya terasing, dan akan kembali lagi terasing, maka bahagialah orang yang mau terasing.
Ya Allah! Berilah petunjuk penduduk desa kami, serta datangkanlah mereka (mendukung kebenaran) kepada kami.

                            Semoga bermanfaat dunia akhirat.
                                            Wassalam.
No Hp 085735777428/082335054589. 

0 komentar:

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

About Me

Faizahmahrus
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengunjung