pembukaan

Selasa, 31 Januari 2017

JANGAN MENYAINGI PANGGILAN ALLAH.



                               

                                          Kepada:
                                  Yth: Segenap jama'ah rutinan.
                                         Di tempat.

                 Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Wahai para jama'ah! Yang layak ditaati adalah pesan Rasul" Hati-hatilah terhadap perkara baru......Menghindari bid'ah lebih baik dari pada mendukungnya. Apabila ustaz Mahrus mengadakan perkara baru jangan dita'ati karena pesan rasul terdapat rahasia besar.

Seorang pimpinan yang mengaku paling baik harus benar-benar ittiba'.  
lebih baik membiasakan membaca Al Qur an (ada terjemahnya itu terbaik) sebagaimana dizaman rasul mereka hanya berpedoman Al Quran tanpa ada acara rutinan (penyebab meremehkan panggilan Allah)" Sungguh, yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa”. QS Al Hujurat 13 (Titel inilah yang lebih layak untuk dimiliki).

Membiasakan membaca setiap hari, insya Allah mudah mengamalkan isinya dan memahaminya. Apabila datang kebenaran lantas diabaikan,  maka petunjuk akan dipindah kepada orang yang bisa mengamalkannya.

Para sahabat berpedoman” Hati-hatilah terhadap perkara baru, maka sesungguhnya perkara baru itu bid’ah dan semua bid’ah itu sesat………(Sehingga tertolak) meskipun semua pelaku bid’ah punya alasan. Bid’ah yang tidak menyangkut ibadah (boleh) Contoh: Pesawat dll.
Meskipun rutinan sudah menjadi adat namun berakibat (yang wajib terabaikan) Diantara sebabnya:
a)Menyaingi panggilan Allah.
b)Menambah ajaran/beban.

a)Menyaingi panggilan Allah.
Saya prihatin, malamnya mendatangi rutinan, tapi salat subuh, duhur, tidak ada yang berjama’ah (panggilan azan tidak datang, dipanggil rutinan datang) karena ada jaminan. Ini sama dengan menyekutukan Allah.
“ Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) karena mempersekutukan Nya (syirik) dan Dia mengampuni apa (dosa) selain (syirik) itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Barang siapa mempersekutukan Allah, maka sungguh dia telah berbuat dosa yang besar. QS An Nisa 48.

Penyebab syirik itu macam-macam (doa-doa karangan manusia/berlebihan, mengikuti atau membuat golongan sendiri).
“Janganlah kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah. Yaitu orang-orang yang memecah belah agama mereka, menjadi beberapa golongan. Setiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada golongan mereka. QS Ar Rum 30-31.
Terhadap orang kafir harus berpecah, tapi terhadap sesama islam itu dosa besar (syirik) karena yang kita hadapi adalah musuh.
Sehingga diperintah berkumpul (dimasjid)“ Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari jum’at maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. QS Al Jumu’ah 9.
Begitu juga mendatangi salat berjama’ah lima waktu. Sudah cukup berat/jangan ditambah lagi tugas, kecuali panggilan jihad. Kemampuan manusia terbatas. 
” Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat Ku bagimu, dan telah Aku ridoi islam sebagai agamamu……QS Al Maidah 3.
Diberi bonus “ Salat berjama’ah lebih utama dari pada salat sendirian dengan (dilipat gandakan) 27 derajat”. 


“ Bakarlah rumah-rumah orang yang tidak berjama’ah”. Menunjukkan betapa pentingnya hal itu. “Barang siapa yang mengetahui keutamaan berjama’ah salat subuh, maka akan mendatanginya meskpun dengan merangkak.
Orang yang melarang salat di Masjid, termasuk kezaliman. Berkaitan dengan QS Al Baqarah 114. (Tidak ada dalil kecuali….). 
” Sungguh salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. QS An Nisa 103.
Saya tidak suka (mirip hadis)” Sesungguhnya Allah cemburu, dan cemburunya Allah apabila orang mukmin mendatangi apa yang diharamkan Nya.

b)Jangan menambah ajaran/beban.
Belum pernah aku dengar hadis (Rasulullah mendatangi rutinan dirumah sahabatnya) yang ada” Telah datang seorang lelaki dia bertanya kepada Nabi..………(Ini pantas/bertempat di Masjid) karena ilmu itu didatangi bukan sebaliknya. Rahasianya? 

Komentar Faizah: Orang yang datang untuk bertanya (benar-benar penting) sehingga jawabannya mudah diamalkan. Ketika ilmu yang datang, mudah tertolak. Kecuali terhadap kemungkaran, maka harus disampaikan berdasarkan ayat yang jelas.
Apabila masih diperselisihkan, lebih baik diam.
Rasul ditanyai tentang sesuatu (diulangi tiga kali) beliau tidak menjawab, sehingga wahyu diturunkan.
Dengan bersedekah, penyebab terampun dosa, mudah paham.
” Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu mengadakan pembicaraan khusus dengan Rasul, hendaklah kamu mengeluarkan sedekah (kepada orang miskin)  sebelum (melakukan) pembicaraan itu. Yang demikian itu lebih baik bagimu dan lebih bersih. Tetapi jika kamu tidak memperoleh (yang akan disedekahkan) maka sungguh Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.  ……….QS Al Mujadalah 12.

Rasul sebagai teladan, sehingga barang sadakah tidak untuk beliau/keluarganya, membangun, tapi untuk masakin.  
       
Ayat sebelumnya, dijelaskan” Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan. QS Al Mujadalah 11.
Hukum Aqli: Meraih Doktor/Profesor, membutuhkan perjuangan dan harta. Menjadi ulama? Berpedoman” Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah, dengan harta dan jiwa mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah. Mereka itulah orang-orang yang memperoleh kemenangan…….QS At Taubah 20.
Orang berdakwah belum cukup dengan kepandaian saja, tapi butuh pengorbanan, sebagaimana Rasul menanggung makan 60 duafa’.

” Dan pada harta benda mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak meminta. QS Az Zariyat 19.
Ayat sebelumnya” Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada di dalam taman-taman (Surga) dan mata air. Mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik.
Mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam. Dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah). QS Az Zariyat 15-18.    




Orang bilang: Pak Mahrus dulu membid'ahkan  rutinan/Yasinan, kok sekarang mendirikan rutinan. Saya hanya ingat pesan Allah" Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain, (karena) boleh jadi mereka (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) ...........QS Al Hujurat 11. 

 Kembalilah kepada konsep (sebaik-baik teman duduk disegala masa adalah Al Kitab) Dialah guru yang paling berharga, dengan membiasakan membaca setiap pagi sore dan memahami  isinya akan datang rahmat dan hidayah. Berkaitan dengan QS Al Ahzab 41-44.

Ya Allah! Bantulah kami untuk mengingat Mu, dan mensyukuri nikmat Mu, dan memperbaiki ibadahku kepada Mu. Aamiin.  


                        Semoga bermanfaat dunia akhirat. 
      
                                         Wassalam.
No hp 085735777428/082335054589.

0 komentar:

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

About Me

Faizahmahrus
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengunjung