pembukaan

Kamis, 26 Januari 2017

AL QUR AN ITU BACAAN (SALAT/BERZIKIR).

               

                   
                                          Kepada:
                   Yth: Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz. 
                d/a: DUBES SAUDI ARABIA. Jln Banyumas no 16 Menteng
                Jakarta pusat 10310.


            Assalaamu ‘Alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.

Al hamdulillah, sudah saya terima undangan MHQ Tingkat Nasional, yang perlu dima’lumi, lembaga Al Ihsan tanpa tahfiz, biasanya anak saya yang mewakilinya.
.
Maaf! Saya sebagai ibu, berhati-hati dalam memberi saran (apabia baik mendapat pahala begitu juga sebaliknya) Mereka tidak usah ikut (ada yang di pesantren/mudir) butuh dipahamkan:
a)Termasuk perkara baru.
b)Bertujuan Juara.                   
c)Pilihlah Hakim Yang Paling Adil.
     
a)Termasuk perkara baru.
Rahasia hadis” Berhati-hatilah terhadap perkara baru” Apabila dikerjakan, memberatkan, kecuali lomba silat dll (itu terbaik) meskipun kalah tidak menyangkut pahala.

Ada bonus” Pembaca Al Qur an dengan lancar didampingi Malaikat yang mulia, bagi pembaca yang terbata-bata baginya dua pahala (agar semangat membacanya). 

Bacaan yang berlebihan (sedikit memahaminya).” Allah tidak menjadikan bagi seseorang dua hati dalam rongganya. QS Al Ahzab 4.
Banyak pembaca Al Qur an namun keimanannya tidak sampai ke tenggorokan.

Dan bacalah Al Qur an itu dengan perlahan-lahan. QS Al Muzzammil 4. 
(bisa dipahami/tidak harus bersanad) Mengamalkan lebih sulit dari pada menghapal. Bacalah Al Qur an maka sesungguhnya dia akan datang besok hari Kiamat dengan memberi syafa'at kepada si pembaca"

b)Bertujuan Juara.
Saya bertaubat dari kebid’ahan, Al hamdulillah balasan Allah lebih baik meskipun terasa berat (berpedoman):
“ Sesungguhnya orang-orang yang berkata” Tuhan kami adalah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata),“ Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati, dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan kepadamu”. QS Fussilat 30. 
    
Yang diperintahkan” Ikhlas menaatinya semata-mata karena (menjalankan) agama. QS AlBayyinah 5.

“ Barang siapa yang menghendaki keuntungan akhirat akan Kami tambahkan keuntungan itu baginya, dan barang siapa yang menghendaki keuntungan di dunia, Kami berikan kepadanya sebagian darinya (keuntungan dunia), tetapi dia tidak akan mendapat bagian di akhirat QS Asy Syura20 (membaca tanpa di juri itu ikhlas).

Dibaca ketika salat/penghapus dosa” Dan laksanakanlah salat pada kedua ujung siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan malam, perbuatan-perbuatan baik itu menghapus kesalahan-kesalahan…….. QS Hud 114.
Telah mendahului Al Mufarridun” Para sahabat bertanya: Siapakah Al Mufarridun wahai Rasulullah? Beliau menjawab” Seorang laki-laki dan perempuan yang banyak berzikir kepada Allah.

Orang yang banyak berzikir (lebih  kuat menghadapi ujian) penyebab mencapai garis depan/berderajat, bukan banyaknya persiapan.

Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut. Sungguh Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Al A’raf 55.

Suara lembut (Hiasilah olehmu dalam membaca Al Qur an dengan suaramu, maka sesungguhnya suara yang indah bisa menambah keindahan Al Qur an).  

Suara terbaik (antara keras dan berbisik) biar khusyu’. ……Nabi Zakariyya terkabul punya anak (Dan sebutlah (nama) Tuhanmu sebanyak-banyaknya dan bertasbihlah (memuji Nya) pada waktu petang dan pagi hari. QS Ali Imran 41. 
 
Tidak bisa zikir banyak-banyak, kalau melafazkan saja banyak kaidah.
Lidah terkadang beda (Qiro’ah sab’ah) bermacam bacaan.         
Ada hadis” Berilah aku istirahat dengan salat Wahai bilal!

Al Quran dibaca ketika salat (penenang/memperlancar hapalan) Ketika lomba? Takut kalah. Selain itu” Dia mengetahi bahwa akan ada orang-orang yang sakit, dan yang lain berjalan di bumi mencari sebagian karunia Allah, dan yang lain berperang dijalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Qur an dan laksanakanlah salat.. ………  QS Al Muzzammil 20.

Meskipun  sakit, sibuk (Al Qur an bisa terbaca karena hapal) sehingga pertolongan Allah datang, tanpa ditentukan suratnya/teruskan ayat ini……...

Manusia tempatnya salah dan lupa. Rasul pernah terdengar bacaan Al Quran yang dibaca sahabatnya, lantas beliau bilang" Sesungguhnya aku dilupakan surat ini....... 

c)Pilihlah Hakim Yang Paling Adil.
Bukankah Allah hakim yang paling Adil? QS At Tin 8.
Allah mengangkat derajat seseorang karena taqwa nya/balasan sesuai perjuangan. Hukum manusia beda (semua peserta hapal/persiapannya sama) tapi nasib, sering juara terkadang kalah, Allah mempermudah tapi dipersulit

Yang benar” Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al Qur an dan mengajarkannya. 
Berhati-hatilah! Diantara tiga orang yang diadili (penuntut ilmu/mengajarkannya serta membaca Al Quran) Ia didatangkan dan diperlihatkan kepadanya kenikmatan-kenikmatannya, maka ia pun mengakuinya. Lalu Allah menanyakannya: Amal apakah yang kamu lakukan dengan nikmat-nikmat itu?)

Ia menjawab: Aku menuntut ilmu dan mengajarkannya serta aku membaca Al Quran hanyalah karena Engkau. Allah berfirman” Kamu dusta! Kamu menuntut ilmu agar dikatakan seorang alim, dan kamu membaca Al Qur an supaya dikatakan seorang Qori’ (pembaca Al Qur an terbaik) Memang begitulah telah dikatakan (tentang dirimu)”.

Kemudian diperintahkan (malaikat) agar menyeret atas mukanya dan melemparkannya kedalam neraka. Wallahu A'lam sahih atau tidaknya (pendukung).

Para sahabat tidak menjalankan, mungkin takutnya membuat peraturan sendiri dalam agama (berbahaya) Berkaitan dengan QS Asy Syura 21.
   
Semoga saran ini bermanfa’at untuk diriku, anak-anak dan yang lainnya.Ya Allah! Berilah petunjuk kami, sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Amin.


Ma'af! Ustaz Mahrus tidak menjawab, menurutku bukti keta'atan (peserta yang tidak masuk) hendaknya minta izin.
                                         Wassalam.

 Alamat blog: www.faizahmahrus.blogspot.com


d/a: Jl Abdullah  01/01 no 36. Tambak sumur kec Waru- Sidoarjo - Jatim

 No hp: 085735777428/082335054589.

0 komentar:

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

About Me

Faizahmahrus
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengunjung