pembukaan

Rabu, 04 Januari 2017

KONSEP DA'I & KEUTAMAANNYA.

                                                  

                              

Kena apa banyak perintah (untuk berdakwah) namun banyak yang mengeluh (dibenci, dicaci dan lain sebagainya)?

Komentar Faizah: Orang berdakwah membutuhkan bekal taqwa (sebagai ukuran) adapun yang perlu kita fahami terlebih dahulu ialah:

a)Beriman dan beramal salih.
Orang bisa memberi nasihat yang baik, setelah dirinya mengamalkannya.“ Allah memberi balasan mereka berupa surga-surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai, diberi rezeki buah-buahan, mereka memperoleh pasangan-pasangan yang suci…... Berkaitan dengan QS Al Baqarah 25.
Beramal salih itu berat. “ Nafsu itu selalu mendorong kepada kejahatan, kecuali (nafsu) yang diberi rahmat oleh Tuhanku…….. QS Yusuf 53.

Untuk itu benarlah hadis” Nabi membaca Al Quran selama beliau tidak junub. Membiasakan bertasbih/membaca Al Qur an pagi sore, penyebab terampuni dosa, menguatkan mental dan memperoleh hidayah (Berkaitan dengan QS Al Ahzab 41-43). 

Begitu juga tahajjud” Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajjud (sebagai ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ketempat yang terpuji. QS Al Isro’ 79.

Konsep diatas untuk menuju derajat” Dan Dia mendapatimu (Muhammad) sebagai seorang yang bingung, lalu dia memberikan petunjuk. QS Ad Duha 7.
Setelah beliau banyak beribadah/berkorban, lantas beliau diberi petunjuk.

Sehingga mudah mengamalkan perintah” Masuklah kedalam islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan……..” Berkaitan dengan QS Al Baqarah 208.

Maksudnya agar tidak separoh-separoh mengamalkannya, karena balasan bagi mereka” Kehinaan dalam kehidupan di dunia, dan pada hari Kiamat mereka dikembalikan kepada azab yang paling berat……….Berkaitan dengan QS Al Baqarah 85.

b)Dengan nasihat yang baik.
“ Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan nasihat yang baik, dan bantahlah dengan cara yang baik……….”QS An Nahl 125.
Dengan demikian dakwah mudah diterima. Karena sifat orang mukmin ” Kami mendengar dan kami ta’at” merekalah orang-orang yang beruntung. QS An Nur 51-52.

Adapun yang menolak kebenaran, itu orang kafir” Sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar orang gila. QS Hijr 6.

Apabila kita belum memiliki kekuatan, maka berdakwah dengan cara samar/cara yang halus. Sesuai dengan jawaban Rasul” Waduh…..Kepalaku dipecah nanti, menunjukkan belum siap. Mirip AKSI DAMAI 212.

Namun ketika dakwah Rasul menyebar/pengikut banyak (siap mati) mereka melaksanakan perintah” Jihadlah melawan orang-orang kafir….

c)Penyantun dan penyayang.
(Dia) sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, penyantun dan penyayang terhadap orang-orang yang beriman. QS At Taubah 128.
Selain mendo’akan, harta beliau untuk menanggung makan 60 du’afa, penyebab diringankan ibadahnya (berjuang dengan harta dan jiwa) sehingga syi’ar islam berhasil menyebar, itupun beliau tempuh dengan sabar (23 tahun).  

Ketika da’i berlebihan dalam berdakwah (mencaci/menjelekkan nama baik, bertujuan uang/bukan karena menyampaikan yang benar dll) maka dakwah sulit diterima, malah dipermas alahkan.

Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sungguh Allah beserta orang-orang yang sabar. QS Al Baqarah 153.

Semoga ummat islam bisa memahami, semakin banyak berkorban (dengan harta dan jiwa) agar keimanan mereka lebih mantap.

Keutamaan Da’i.
Oleh karena kebanyakan manusia cenderung kepada pelanggaran, sehingga dianjurkan beramar makruf nahi mungkar, merekalah termasuk sebaik-baik ummat karena memerintah kebaikan dan mencegah kemungkaran. Berkaitan dengan QS Ali Imran 110.

Al Qur an diturunkan sesuai kejadian/berangsur-angsur (melaksanakan perintah/meninggalkan larangan butuh waktu).  Orang yang menyampaikannya, mendapat do’a dari rasul (semoga Allah memberikan cahaya/mengangkat derajatnya..….) Tidak terlalu banyak ulasan kecuali untuk memahamkan.

 Untuk itu Rasul jarang berbicara kecuali membacakan ayat-ayat Al Qur an. Berkaitan dengan QS An Najm 3-4.

Dan Tuhanmu tidak akan membinasakan negeri-negeri secara zalim, selama penduduknya orang-orang yang berbuat kebaikan.  

Banyak bicara banyak salah kecuali kalamullah, beliau berhasil dalam berdakwah, dengan menggunakan konsep Al Qur an, agar tidak bertentangan (yang menyebabkan dosa besar) Berkaitan dengan QS As Sof 2-3.

                                   Semoga bermanfaat.
   
                                           Wassalam.

Alamat blog: www.faizahmahrus.blogspot.com

0 komentar:

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

About Me

Faizahmahrus
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengunjung