pembukaan

Selasa, 31 Mei 2016

ALLAH YANG MEMBERI KECUKUPAN.



                           ALLAH YG MEMBERI KECUKUPAN.


https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTyqnMf7MGFjFEC9Qf_NAC13D2l-bS1CaF7iLV7Vlji9XnPMYJwBg






Al hamdulillah, atas bantuan do'a kalian, sang putra Muhammad  cepat membaik, istrinya menunggu pemulihan saja. Begitu juga yang berupa uang, semoga Allah membalas dengan kebaikan (untuk perawatan, ganti rugi, dan untuk bersedekah (obatilah orang yang sakit dengan bersedekah).


Allah menepati janji Nya (orang yang bertaqwa serta bertawakkal) kepada Nya, akan diberi kecukupan. Dalam QS At Talaq 2-3:

ۚ وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجۡعَل لَّهُ ۥ مَخۡرَجً۬ا (٢) وَيَرۡزُقۡهُ مِنۡ حَيۡثُ لَا يَحۡتَسِبُ‌ۚ وَمَن يَتَوَكَّلۡ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسۡبُهُ ۥۤ‌ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَـٰلِغُ أَمۡرِهِۦ‌ۚ قَدۡ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَىۡءٍ۬ قَدۡرً۬

Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. (2) Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan [keperluan] nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan [yang dikehendaki] Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (3

Setelah jama’ah Hisyam (kakaknya yang di Solo) mendengar berita adiknya patah tulang, maka sekitar delapan puluh juta rupiah yang mereka berikan (tamu bertambah) semoga mereka terampuni dosanya/mendapat kemudahan. Sebagaimana tercantum dalam QS At Talaq 4-5:


 وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجۡعَل لَّهُ ۥ مِنۡ أَمۡرِهِۦ يُسۡرً۬ا (٤) ذَٲلِكَ أَمۡرُ ٱللَّهِ أَنزَلَهُ ۥۤ إِلَيۡكُمۡ‌ۚ وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يُكَفِّرۡ عَنۡهُ سَيِّـَٔاتِهِۦ وَيُعۡظِمۡ لَهُ ۥۤ أَجۡرًا ( 

 Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya. (4) Itulah perintah Allah yang diturunkan-Nya kepada kamu; dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipat gandakan pahala baginya

Tangan yang diatas lebih baik dari pada tangan yang dibawah. Kecuali atas nama hadiah, Rasul pernah menerima empat ekor kuda kumplit dengan isi/peralatannya (dari Gubernur Fadak).
Begitu juga sahabat yang mampu (membantu/menjamin para pejuang).


Ketika tidak sadarpun (Muhammad sering terucapkan kalimah istighfar) sehingga mendapat kemudahan, mirip pesan Nabi Nuh kepada kaumnya (QS Nuh 10-12).

Wahai Hisyam! Sampaikan kepada mereka” Semoga termasuk orang yang bahagia, terbalas berlipat ganda/terampuni dosanya. Sesuai dengan balasan Allah (QS At Taghobun  16-17):

فَٱتَّقُواْ ٱللَّهَ مَا ٱسۡتَطَعۡتُمۡ وَٱسۡمَعُواْ وَأَطِيعُواْ وَأَنفِقُواْ خَيۡرً۬ا لِّأَنفُسِڪُمۡ‌ۗ وَمَن يُوقَ شُحَّ نَفۡسِهِۦ فَأُوْلَـٰٓٮِٕكَ هُمُ ٱلۡمُفۡلِحُونَ (١٦) إِن تُقۡرِضُواْ ٱللَّهَ قَرۡضًا حَسَنً۬ا يُضَـٰعِفۡهُ لَكُمۡ وَيَغۡفِرۡ لَكُمۡ‌ۚ وَٱللَّهُ شَكُورٌ حَلِيمٌ (

Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta ta’atlah; dan nafkahkanlah nafkah yang baik untuk dirimu [2]. Dan barangsiapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya maka mereka itulah orang-orang yang beruntung. (16) Jika kamu meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah melipat gandakan [pembalasannya] kepadamu dan mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pembalas Jasa lagi Maha Penyantun. 

Allah itu Darmawan, menyukai orang yang Darmawan (Al Hadis) mereka sama dengan meminjami Allah. Dalam QS Al Hadid 11:

مَّن ذَا ٱلَّذِى يُقۡرِضُ ٱللَّهَ قَرۡضًا حَسَنً۬ا فَيُضَـٰعِفَهُ ۥ لَهُ ۥ وَلَهُ ۥۤ أَجۡرٌ۬ كَرِيمٌ۬

Barang siapa yang mau meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, maka Allah akan melipat-gandakan [balasan] pinjaman itu untuknya, dan dia akan memperoleh pahala yang banyak/mulia.

Setiap hari Malaikat berdo'a " Ya Allah berilah ganti orang yang infak, dan rusaklah orang yang pelit. Begitu juga saya berdo'a (semoga Allah membalas dengan balasan yang baik) kepada para Darmawan dan bisa menjadi naungan besok dihari Kiamat disaat tidak ada naungan kecuali naungan Nya. 


Ayat selanjutnya Allah menerangkan balasan bagi mereka. Dalam QS Al Hadid 12:

يَوۡمَ تَرَى ٱلۡمُؤۡمِنِينَ وَٱلۡمُؤۡمِنَـٰتِ يَسۡعَىٰ نُورُهُم بَيۡنَ أَيۡدِيہِمۡ وَبِأَيۡمَـٰنِهِم بُشۡرَٮٰكُمُ ٱلۡيَوۡمَ جَنَّـٰتٌ۬ تَجۡرِى مِن تَحۡتِہَا ٱلۡأَنۡہَـٰرُ خَـٰلِدِينَ فِيہَا‌ۚ ذَٲلِكَ هُوَ ٱلۡفَوۡزُ ٱلۡعَظِيمُ (١٢

 (11) [yaitu] pada hari ketika kamu melihat orang mu’min laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, [dikatakan kepada mereka]: "Pada hari ini ada berita gembira untukmu, [yaitu] surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai yang kamu kekal di dalamnya. Itulah keberuntungan yang banyak.


Betapa pentingnya do’a dan ibadah, sebagai tanda syukur kepada Allah Yang Telah Mengabulkan Do’a Hamba Nya. Berkaitan dalam Judul di Blog ummik“ BERMACAM UJIAN PENGANTIN BARU”
(Tahun 2016/Mei) Ingatlah janji Allah dalam QS Asy Syarh 5-6:


فَإِنَّ مَعَ ٱلۡعُسۡرِ يُسۡرًا (٥) إِنَّ مَعَ ٱلۡعُسۡرِ يُسۡرً۬ا (٦


Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, (5) sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (6

Wahai Muhammad! Berhentilah dari kuliyah, batalkan rencana kalian berdua (mengajar tahfidz anak-anak yang di Bangkalan) karena kita tidak mengerti apa yang akan terjadi besok (yang penting sudah aman,  sehat, ada yang dimakan/diminum) hari ini, berarti Dunia sudah menjadi milikmu. Perbanyaklah salat/membaca Al Quran, serta beristighfar sebagai tanda syukur. Semoga Allah mengampuni dosamu.

 

                                        Wassalam.

                                    Ummik Faizah.

                                Alamat blog www.faizahmahrus.blogspot.com





0 komentar:

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

About Me

Faizahmahrus
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengunjung