pembukaan

Senin, 01 Mei 2017

JANGAN MENDAMBAKAN SEORANG, MEREMEHKAN LAINNYA.

                    
               
Perbedaan pendapat bagi ummat Muhmamad adalah suatu rahmat/tidak usah dibesar-besarkan. Kecuali jelas haram/wajib. Orang bilang” Aku ingin berguru (apa yang harus dihapal/tentang bid'ah) saya kontras dengan keluarga, ustaz yang lain. Aku pingin memahamkan mereka.

Komentar Faizah: Kamu ingin dianggap sebagai orang yang paling benarkan? Dizaman Rasul, mereka lebih mementingkan ayat-ayat Al Qur’an untuk dihapal, ketika Al Qur'an belum dikumpulkan, mereka menulisnya di batu, pelepah korma. dsb.

Masing-masing pemimpin punya kelebihan (contohlah kebaikannya/tinggalkan kekurangannya) Sebagaimana Allah menceritakan kisah para Nabi sebagai penyempurna.”Sungguh, pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang yang mempunyai akal…… “ QS Yusuf 111.
Padahal Nabi sebagai teladan. ” Dan sesungguhnya engkau benar-benar berbudi  pekerti yang luhur. QS Al Qalam 4.
Namun adanya sejarah para nabi/bermanfaat bagi ummat.
Ingatlah, diantara penyebab diangkatnya derajat:
1)Lebih mementingkan akhirat.
2)Sabar menjalankan perintah/menghindari larangan.
3)Banyaknya berzikir/bertasbih.

4)Bersyukur ketika datang nikmat.
5)Sikap rendah diri.


1)Lebih mementingkan akhirat.
Niat ikhlas (mereka berhijrah dan memperjuangkan agama Allah) baik dengan harta dan jiwanya, “ Adalah lebih tinggi derajatnya disisi Allah……….Tuhan menggembirakan mereka dengan memberikan rahmat, keridloan dan surga, …..…….QS At Taubah 20-21.
Barang siapa yang menghendaki keuntungan diakhirat, akan Kami tambahkan keuntungan itu baginya…….QS Asy Syuro 20.
Maksudnya, belum mati sudah menerima balasan (berupa nikmat/derajat).   

2)Sabar menjalankan perintah/menghindari larangan.
Nabi Ibrahim dibakar kaumnya (api terasa dingin), diuji menyembelih putranya Ismail (ta’at) lantas Allah mengganti domba. Masih banyak lagi. Dia (Allah) berfirman” Sesungguhnya Aku menjadikan engkau sebagai pemimpin bagi seluruh manusia……..QS Al Baqarah 124.
Inilah yang dimaksud (Allah mengangkat derajat manusia sebab keimanannya) kalau sudah, ilmu/hidayah akan datang, namun sebagian orang (terbalik) membanggakan ilmu saja.
3)Banyaknya berzikir/bertasbih.
Terkabulnya do’a (Nabi Zakariyya punya anak) sebelum itu beliau dipesan“ Dan sebutlah (nama) Tuhanmu banyak-banyak, dan bertasbihlah (memuji Nya) pada waktu petang dan pagi hari . QS Ali Imran 41.
Benarlah, diantara sahabat Nabi ada yang menghatamkan Al Qur’an dalam  satu minggu. Atau paling tidak satu juz dalam sehari. Berlomba-lombalah dalam kebaikan.
Nabi Yunus ketika dakwahnya ditolak, lantas pergi (ditelan ikan besar).” Maka sekiranya dia tidak termasuk orang yang banyak berzikir (bertasbih) kepada Allah. niscaya dia akan tetap tinggal diperut (ikan itu) sampai hari berbangkit. QS Assoffat 143-144.   

4)Bersyukur ketika datang nikmat.
Banyak orang yang gagal karena mengingkari nikmat/penyebab lengah. Padahal Nabi Sulaiman diberi kerajaan, bisa berbicara dengan hewan/semut. Beliau tidak bangga malah berdoa:
RABBI AUZI’NII AN ASYKURA NIKMATAKALLATII AN’AMTA ‘ALAYYA WA ‘ALAA WAALIDAYYA WA AN A’MALA SOOLIHAN TARDLOOHU WA ADKHILNII BIRAHMATIKA FII ‘IBAADIKAS SHOOLIHIIN.
Ya Tuhanku! Anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridloi, dan masukkanlah aku dengan rahmat Mu ke dalam hamba-hamba Mu yang salih. QS An Naml 19.  

5)Sikap rendah diri.
Apalagi sebagai pemimpin (banyak diikuti bawahan)” dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang beriman, yang mengikutimu. Kemudian jika mereka mendurhakaimu, maka katakanlah (Muhammad)” Sesungguhnya aku tidak bertanggung jawab terhadap apa yang kamu kerjakan. Dan bertawakkallah kepada Allah Yang maha Perkara Maha Penyayang. QS Asy Syuara 215-217.
Dengan bertawakkal/berdo’a hati merasa tenang meskipun dakwah tertolak (tidak marah) sudah lepas tugas.
Ada hadis” Barang siapa yang tawadlu’ Allah akan mengangkat derajatnya. Dan barang siapa yang sombong Allah akan merendahkannya.

Suka diagungkan/meremehkan yang lain, tertanda orang sombong. Jangan membenci berlebihan (suatu saat akan mencintai). Jangan mencintai berlebihan (suatu saat) akan membenci.     
Semoga konsep diatas mudah dijalankan (menuju) keridloan/derajat disisi Allah.
                                       Wassalam.
Alamat blog: www.faizahmahrus.blogspot.com

0 komentar:

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

About Me

Faizahmahrus
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengunjung