pembukaan

Minggu, 07 Mei 2017

HARTA YG MENGUNTUNGKAN & YG MERUGIKAN.

                                  Hasil gambar untuk bismillah arab 
                    
Dua akibat yang bertentangan.” Tidak sama para penghuni neraka dengan para penghuni surga, para penghuni surga itulah orang-orang yang memperoleh kemenangan. QS Al Hasyr 20.
Orang bilang” Apa hubungannya harta dengan surga/neraka?
Komentar Faizah: Pemilik harta terbagi menjadi dua.
1)Pemilik harta yang dermawan.
2)Pemilik harta yang pelit.

1)Pemilik harta yang dermawan.
Sesuai pernyataan Allah" Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. QS Ali Imran 92. 

Berkaitan dengan hadis” Orang yang dermawan dekat kepada Allah, dekat kepada surga, dekat kepada manusia, jauh dari neraka.
Harta menguntungkan ketika sang pemiliknya berpedoman
“ Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu),
Ketika anak diarahkan kepada kebaikan, harta untuk infak/ melaksanakan perintah” dan disisi Allah pahala yang besar”. QS At Taghobun 15.
Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta taatilah, dan infakkanlah harta yang baik (rezeki halal) untuk dirimu (apa yang kamu infakkan itulah hartamu). Dan barang siapa dijaga dirinya dari kekikiran, mereka itulah orang-orang yang beruntung. QS At Taghobun 16.

Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipat gandakan (balasannya) bagi mereka akan mendapat pahala yang mulia. QS Al hadid 18.
Orang berinfak mirip dengan orang yang menabung, “ Tidak akan berkurang harta yang diinfakkan” namun balasan diberikan oleh Allah pada waktu yang tepat, dihilangkan dari kesedihan, terampun dosa, balasan surga.

Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu & mendapatkan surga yg luasnya seluas langit & bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang berinfak, baik diwaktu lapang maupun sempit …………QS Ali Imran 133-134

2)Pemilik harta yang pelit.
Ada hadis” Andaikata putera Adam diberi emas satu lembah, pasti ia ingin mendapatkan emas sebanyak dua lembah, dan tidak ada yang dapat menutup keinginannya itu kecuali tanah. Dan Allah akan menerima taubat seorang yang bertaubat. 
Biasanya dia suka mengumpulkan harta sebagai simpanan, beranggapan (sedekah harta berkurang).” Sedang orang pelit, jauh dari Allah, jauh dari surga dan jauh dari manusia, dekat kepada neraka. Orang bodoh yang dermawan lebih disukai oleh Allah dari pada seorang alim yang bakhil. (Al hadis).
Ketika manusia mencintai keluarga dan hartanya melebihi dari kecintaannya kepada Allah dan Rasul Nya serta berjihad di jalan Nya, “ maka tunggulah sampai Allah memberikan keputusannya (datang peringatan) ……QS At Taubah 24.
Apabila tidak segera bertaubat, datang ajal“ maka berikanlah kabar gembira kepada mereka (bahwa mereka akan mendapat) azab yang pedih. QS At Taubah 34.
(Ingatlah) Pada hari ketika emas dan perak dipanaskan dalam neraka Jahannam, lalu dengan itu disetrika dahi, lambung dan punggung mereka (seraya dikatakan) kepada mereka” Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah (akibat dari) apa yang kamu simpan itu. QS At Taubah 35.     
Terdapat rahasia (ketika Nabi) memperoleh permata satu karung, beliau tidak mau masuk kamar sebelum harta tersebut ditasarrufkan.
Dari sikap zuhudnya dan banyaknya beribadah, penyebab beliau berhasil dalam berdakwah. 

Orang alim bilang" Jangan lama-lama kalau menyimpan uang (segerahlah tasarrufkan) karena itu penghambat datangnya hidayah/datang cobaan.
 

                         Semoga bermanfaat dunia akhirat.   
Alamat blog:www.faizahmahrus.blospot.com

0 komentar:

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

About Me

Faizahmahrus
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengunjung