pembukaan

Senin, 22 Mei 2017

BADANMU PUNYA HAK.

                                                                                                      


                      

                               Jangan memayahkan diri.

” Karena tubuhmu punya hak atas dirimu, matamu pun punya hak terhadapmu, demikian pula istrimu memiliki hak terhadapmu” (HR Bukhori).

Pengalaman (guru yang berharga) atas izin Allah mereka sembuh, mudah-mudahan Allah menyembuhkanmu. "Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar…….. Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk". QS Al Baqarah 155-157.

Rasul memberi dua pilihan (do’a atau sabar terbalas Surga) semua kejadian mengikuti sebab, setiap penyakit ada obat. Adapun berderajat & sehat tanpa rumah sakit perlu adanya  jadwal penyebab Istiqomah. al:

a)Berdo’a, rajin salat.
b)Berhati-hati dari syubhat.
c)Menjaga kesehatan tubuh.

a)Berdo’a, rajin salat.
Apabila aku sakit maka Allah yang menyembuhkan. QS Asyu'ara' 80.
Do’a seorang diantara kalian akan dikabulkan selama ia tidak tergesa-gesa sehingga ia berkata” Aku telah memohon tetapi permohonanku tidak dikabulkan.  
Lantas dia putus asa. Padahal berdoa butuh sabar, ibarat anak minta ke ortunya butuh sabar. Diantara do’a yang pernah dibaca Nabi
:
 عَنْ أَنَسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُنُونِ وَالْجُذَامِ وَالْبَرَصِ وَسَيِّئِ الْأَسْقَامِ
Dari Anas ia berkata; "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengucapkan: "ALLAHUMMA INNI A'UUDZU BIKA MINAL JUNUUNI WAL JUDZAAMI WAL BARASHI WA SAYYI`IL ASQAAM (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit gila, lepra, kusta dan penyakit yang ganas.
  
Do’a lainnya tercantum dalam blog saya berjudul” KIAT MENYEMBUHKAN PENYAKIT” Mei/2013 . 
Rajin salat sunnah/tumakninah bisa menyehatkan” Ada hadis" Berilah aku istirahat dengan salat wahai Bilal”!

Telah mendahului Almufarridun, sahabat bertanya: Siapakah wahai Rasulullah Almufarridun? Nabi menjawab: Laki-laki dan perempuan yang banyak berzikir.
(badan sehat dan berderajat/usaha zohir dan batin).
    
Rahasia(berdiri) salat, menghangatkan kedua tapak kaki, lafaz Aqimissolaata“ Dan dirikanlah salat pada kedua ujung siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan malam. Perbuatan-perbuatan baik itu menghapus kesalahan-kesalahan. Itulah peringatan bagi orang-orang yang selalu mengingat (Allah)” QS Hud 114.
Terlalu banyak duduk tidak baik. Ada ustazah menyima’ muridnya dengan separoh badan tengkurap (bersandar diatas bantal) mungkin untuk menghindari sakit (pinggang, perut, susah buang air kecil) dsb.

b)Berhati-hati dari syubhat.
Ada mantan dokter melarang minum obat kecuali ada label halal. Barang siapa yang terjatuh kedalam perkara syubhat, berarti terjatuh pada perkara haram.

Penderita penyakit lambung biasakan (makan buah pisang setiap sebelum makan), biasakan makan tape singkong obat maag, juz/apel madu, minum hanga bisa dicampur sedikit jahe. Habbat Saudak bisa mengobati segala penyakit kecuali mati.
 
Makanan yang perlu dihindari: Rasa asam, pedas, es, goring-gorengan, makanan yang mengandung bahan kimia/pengawet itu tidak baik (syubhat)

Korma/rutob termasuk makanan yang bergizi/yang dimakan Maryam. Dia diperintah Allah” Maka makan, minum dan bersenang hatilah engkau……QS Maryam 26. (biar sehat, pikiran tenang).

c)Menjaga keseimbangan tubuh.
Tidur siang diperintah. Malamnya sekitar 2  jam (selesai salat isyak) tidur” Dan Kami menjadikan malam sebagai pakaian. QS An Nabak 10.
Supaya malam terakhir bisa bangun, kurang tidur (badan panas, kepala pusing, mata sakit) Jaga sehat sebelum sakitmu. 
   
Rasul membenarkan cerita (ketika Salman melarang Abu Dardak salat malam (supaya tidur dulu) sehingga pada malam yang yang akhir, Abu Dardak dibangunkan untuk salat. Karena Allah punya hak atas hamba Nya. 
Tidur yang cukup suatu kebutuhan. Orang bilang” Bukankah konsep orang  sukses itu” Dan orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna. QS Al Mukminun 3.
Komentar Faizah: 
Tidur, suatu kebutuhan (bukan lelahan) begitu juga ORKES untuk menjaga kesehatan.” Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuat baiklah (kepada) orang lain……QS Al Qasas 77.

Bagi yang mampu mereka berpedoman hadis” Obatilah orang yang sakit dengan bersedekah” Sehingga Allah menyembuhkannya. Semoga terampun dosa.               

Rahasia Nabi Musa minta pendamping (Harun) untuk meringankan beban yang dihadapi, begitu juga membentuk wakil (pengajar),banyak perintah (nikah) penyebab sembuh dari penyakit, bagi yang sudah berkeluarga tapi tidak suka pembantu karena bukan muhrim (beli pun bisa).

  
           Semoga pengalaman ini bermanfa’at bagi yang lain.

                                          Wassalam. 
Alamat blog:www.faizahmahrus.blogspot.com

0 komentar:

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

About Me

Faizahmahrus
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengunjung