pembukaan

Selasa, 25 April 2017

ISROK ITU TERMASUK MU"JIZAT.

                                                                                                                                                   
                        Maaf, keterlambatan saya menjawab tentang isro & puasa Rajab.

Aku kemarin bimbang karena munculnya pendapat" Tidak ada mi'roj".

Lantas Allah memberi isyarah kepadaku dan aku paham bahwa mi'roj itu ada, tapi yang tercantum dalam Al Qur'an hanya isrok, karena seperjalanan.
Kejadian ini dimulai dengan lafaz Subhaana” Maha suci (Allah) yang telah menjalankan hamba Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidilaqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat. QS Al Isrok 1.
Perjalanan Nabi didampingi oleh Malaikat Jibril (sebelah kanan) Mikail
Sebelah kiri. Diantara riwayat:
a)Jin dan Ifrit berusaha mengejar Nabi dengan semburan api, namun ketika dibacakan doa, dia terjungkal dan jatuh (terbakar apinya sendiri).
Untuk itu ketika tergoda Jin/setan, mohonlah perlindungan kepada Allah. Berkaitan dengan QS Al A’rof 200.
b)Nabi melihat sekelompok kaum yang menghantamkan batu besar ke bagian kepala sendiri hingga hancur (berulang-ulang).
Kata jibril: Mereka berat melaksanakan salat (berbahaya).
Untuk itu diperintah agar kita memperhatikan keluarga/tentang salat. Berkaitan dengan QS Toha 132. Aktif berjama’ah penyebab rezekinya mudah/berkah.
c)Ada sekelompok orang yang memilih makan daging busuk padahal daging masak/segar ada. Jibril bilang: Mereka itulah pezina padahal punya istri/suami. Menghindari hal itu termasuk orang yang beruntung. Berkaitan dengan QS Al Mukminun 5-7.
Sesampainya di Masjidil Aqso/Baitul Maqdis, beliau turun buroq diikat. Nabi diajari Jibril (memimpin salat). Lantas perjalanan Nabi menuju Langit (Mi’roj). Tidak masuk akal?
  
Komentar Faizah: Apabila masuk akal orang kafir pun percaya. Rusaknya akidah sebab mantik. Al Qur’an menerangkan yang jelas (masjidil haram/aqso) perjalanan selanjutnya/mi'roj cukup hadis.
Ibarat Ustaz bilang” Sungguh dia murid yang sukses” Lebih jelas? bertanyalah kepada ortunya. Apabila Mi’roj tidak masuk akal, hendaknya dipahami dulu riwayat singkat ini:
1)Nabi melihat orang-orang perutnya besar yang dipenuhi dengan ular, isi perut bisa dilihat dari luar. Jibril bilang: Mereka itu suka makan riba.
Untuk itu Allah melarangnya. Berkaitan dengan QS Al Baqarah 278.  
2)Ada orang yang dagingnya dipotong-potong lalu diminta untuk dimakannya. Jibril bilang: Mereka itu suka menggunjing. Untuk itu di larang. Berkaitan dengan QS Al Hujurat 12.
3)Berjumpa dengan Nabi Ibrahim (beliau berkata)” Kabarkanlah bahwa surga sangat indah tanahnya, airnya tawar dan tanaman surga ialah:
SUBHAANALLOH WAL HAMDULILLAH WALAA ILAAHA ILLALLOOHUWALLOOHU AKBAR. LAAHAULA WALAA QUWWATA ILLA BILLAH…
Riwayat singkat: Nabi melihat surga & neraka dalam perjalanan isrok mi’roj, setelah itu beliau diangkat ke Sidratul Muntaha, disana Malaikat Jibril mundur sehingga Rasul sendirian untuk bertemu dengan Allah, disebuah singgasana yang tidak bisa dijelaskan dengan kalimat apapun.
Tidak seorangpun yang bisa berdiri disana. Nabi pun bersujud dihadapan Nya (menerima kewajiban salat 50 waktu).
Lantas Nabi turun ke langit ke 6 bertemu dengan Nabi Musa: Mintalah keringanan. Beliau naik lagi bertemu dengan Allah, akhirnya dikurangi 5 menjadi 45. Baginda pun turun lagi bertemu dengan Nabi Musa. Begitu seterusnya hingga akhirnya sampai menjadi salat 5 waktu.
Meskipun Nabi Musa menyarankan agar minta dikurangi lagi, namun baginda malu untuk bernegosiasi dengan Allah lagi. 

Tidak ada yang bertentangan dengan ayat.

                                  KISAH SIDRATUL MUNTAHA. 
 
Maka apakah kamu (musyrikin Mekkah) hendak membantahnya tentang apa yang dilihatnya itu? QS An Najm 12.
Gambaran disana, terdapat sebuah pohon yang besarnya tidak terkira. Dibawahnya muncul sungai air jernih nan menawan, airnya tidak akan berubah baik warna atau rasa.
Ada pula sungai susu yang putih bersih dan elok dipandang.
Ada juga sungai madu yang mengalir jernih yang dihiasi dengan permata Zamrud/batu akik termahal, namun tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata maupun deskripsi.
Orang kafir bilang” Tidak mungkin sungai madu/permata (itu mahal).
 Ingatlah! Allah memberi perumpamaan tentang surga berkaitan dengan QS Muhammad 15. Kenikmatannya” Tidak bisa dilihat dengan mata, dan tidak bisa didengar oleh telinga, tidak bisa dibayangkan dengan hati manusia.
 
Kejadian ini (balasan bagi nabi karena sabar setelah diuji).” pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya ada empat bulan haram, itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu………. QS At Taubah 36.
Empat bulan suci (Zul Qa’dah, Zul Hijjah, Muharram, Rajab Mudlor).
Pada bulan itu muslimin prihatin (persiapan berhaji/berkorban)dsb.
Melakukan maksiyyat pada bulan itu dosanya lebih besar dan amalan salih pada bulan itu menuai pahala yang lebih banyak (kata Ibnu Abbas)
Namun ada yang berlebihan dalam menyikapinya:
Haruskah berpuasa satu bulan.
Tentang puasa rajab, banyak yang komentar (hadis palsu). Karena ada hadis” Tidak ada lagi Faro’ dan tidak ada ‘Atiirah.
Faro’: Anak onta/kambing yang pertama dan dipelihara, nanti akan dipersembahkan untuk berhala mereka (dizaman Jahiliyyah).
‘Atiirah: Puasa di bulan Rajab Ibnu Abbas tidak suka.
Kecuali karena puasa Dawud. Ada hadis sahih” Sebaik-baik puasa adalah puasa (Nabi) Dawud” Karena hal itu bisa menyehatkan. Berpuasalah kalian, kalian akan sehat”. Namun ketika diharuskan berpuasa/menyerupai Ramadlon itu tidak ada uswah.    

Semoga kejadian dalam isrok mi’roj ini bisa diambil sebagai pelajaran yang berharga.

                                      Wassalam.
Alamat blog:www.faizahmahrus.blogspot.com








0 komentar:

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

About Me

Faizahmahrus
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengunjung