pembukaan

Kamis, 14 April 2016

BEDA PENDAPAT? BANDINGKAN AYAT!



              BEDA PENDAPAT? BANDINGKAN AYAT!




                                       

Perbedaan pendapat membutuhkan perbandingan antara dalil yang melarang dan yang memperbolehkan (berlebihan dalam komentar) menimbulkan perpecahan. Dahulukan ayat, hindari debat, Allah melarang dalam QS An Nahl 116-117:



Dan janganlah kamu mengatakan terhadap apa yang disebut-sebut oleh lidahmu  secara dusta "Ini halal dan ini haram", untuk mengada-adakan kebohongan terhadap Allah. Sesungguhnya orang-orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah tiadalah beruntung.

Komentar Faizah: Apa yang diharamkan/diperintah semua ada didalam Al Quran, kecuali yang sudah menyebar dikalangan ummat islam (bacaan/tata cara dalam salat dan lain sebagainya).

 Adapun yang sering mereka perdebatkan adalah:
   
a)Boleh atau haramkah wanita berhias Emas?
b)Bolehkah anak laki-laki mencium ibunya?
c)Mendapat dosa/pahala berpuasa pada bulan Rajab?

a)Boleh atau haramkah wanita berhias Emas?
Perbedaan pendapat (boleh/haram) kita bandingkan keputusan tersebut dengan ayat. Dalam QS Ali Imran 14:

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ ٱلشَّهَوَٲتِ مِنَ ٱلنِّسَآءِ وَٱلۡبَنِينَ وَٱلۡقَنَـٰطِيرِ ٱلۡمُقَنطَرَةِ مِنَ ٱلذَّهَبِ وَٱلۡفِضَّةِ وَٱلۡخَيۡلِ ٱلۡمُسَوَّمَةِ وَٱلۡأَنۡعَـٰمِ وَٱلۡحَرۡثِ‌ۗ ذَٲلِكَ مَتَـٰعُ ٱلۡحَيَوٰةِ ٱلدُّنۡيَا‌ۖ وَٱللَّهُ عِندَهُ ۥ حُسۡنُ ٱلۡمَـَٔابِ


Dijadikan indah pada [pandangan] manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak [2] dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik [surga].

Lelaki menyukai wanita, ladang, kuda pilihan, sedangkan wanita menyukai perhiasan (emas/perak). Menurutku yang jelas ada ayat larangan (karena ditampakkan kepada lelaki yang bukan muhrim/memperdengarkan perhiasannya). Dalam QS An Nur 31:

وَلَا يُبۡدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوۡ ءَابَآٮِٕهِنَّ أَوۡ ءَابَآءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوۡ أَبۡنَآٮِٕهِنَّ أَوۡ أَبۡنَآءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوۡ إِخۡوَٲنِهِنَّ أَوۡ بَنِىٓ إِخۡوَٲنِهِنَّ أَوۡ بَنِىٓ أَخَوَٲتِهِنَّ أَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ أَوۡ مَا مَلَكَتۡ أَيۡمَـٰنُهُنَّ أَوِ ٱلتَّـٰبِعِينَ غَيۡرِ أُوْلِى ٱلۡإِرۡبَةِ مِنَ ٱلرِّجَالِ أَوِ ٱلطِّفۡلِ ٱلَّذِينَ لَمۡ يَظۡهَرُواْ عَلَىٰ عَوۡرَٲتِ ٱلنِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِأَرۡجُلِهِنَّ لِيُعۡلَمَ مَا يُخۡفِينَ مِن زِينَتِهِنَّ‌ۚ وَتُوبُوٓاْ إِلَى ٱللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ ٱلۡمُؤۡمِنُونَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُونَ

Dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan [terhadap wanita] atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung. (31)

Andaikan emas dilarang, maka Rasul tidak memberi mahar kepada para istrinya 12 uqiyyah emas (tidak ada keterangan emas lantaan). Apalagi Allah menjelaskan dalam QS Fatir 12:


وَمَا يَسۡتَوِى ٱلۡبَحۡرَانِ هَـٰذَا عَذۡبٌ۬ فُرَاتٌ۬ سَآٮِٕغٌ۬ شَرَابُهُ ۥ وَهَـٰذَا مِلۡحٌ أُجَاجٌ۬ۖ وَمِن كُلٍّ۬ تَأۡڪُلُونَ لَحۡمً۬ا طَرِيًّ۬ا وَتَسۡتَخۡرِجُونَ حِلۡيَةً۬ تَلۡبَسُونَهَاۖ وَتَرَى ٱلۡفُلۡكَ فِيهِ مَوَاخِرَ لِتَبۡتَغُواْ مِن فَضۡلِهِۦ وَلَعَلَّكُمۡ تَشۡڪُرُونَ (١٢

Dan tiada sama [antara] dua laut; yang ini tawar, segar, sedap diminum dan yang lain asin lagi pahit. Dan dari masing-masing laut itu kamu dapat memakan daging yang segar dan kamu dapat mengeluarkan perhiasan yang dapat kamu memakainya, dan pada masing-masingnya kamu lihat kapal-kapal berlayar membelah laut supaya kamu dapat mencari karunia-Nya dan supaya kamu bersyukur

Suatu tanda kekuasaan Allah, lautan punya keistimewaan yang dibutuhkan manusia. Perhiasan (untuk wanita) yang penting tidak berlebihan/hak du’afak tidak terabaikan. Aisyah memakai cicin emas, Khodijah meninggalkan kalong (permata) sahabiyyah bersedekah perhiasan anting-anting dan lain sebagainya. Andaikan bukan perhiasan emas maka tidak berharga dan saya tidak suka.
      
Yang berbahaya adalah penimbun emas (bukan perhiasan emas yang dipakai) maka diancam dalam QS At Taubah 34-35:

وَٱلَّذِينَ يَكۡنِزُونَ ٱلذَّهَبَ وَٱلۡفِضَّةَ وَلَا يُنفِقُونَہَا فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ فَبَشِّرۡهُم بِعَذَابٍ أَلِيمٍ۬ (٣٤) يَوۡمَ يُحۡمَىٰ عَلَيۡهَا فِى نَارِ جَهَنَّمَ فَتُكۡوَىٰ بِہَا جِبَاهُهُمۡ وَجُنُوبُہُمۡ وَظُهُورُهُمۡ‌ۖ هَـٰذَا مَا ڪَنَزۡتُمۡ لِأَنفُسِكُمۡ فَذُوقُواْ مَا كُنتُمۡ تَكۡنِزُونَ ( 
٣٥)َ

 Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, [bahwa mereka akan mendapat] siksa yang pedih, (34) pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka Jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka [lalu dikatakan] kepada mereka: "Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang [akibat dari] apa yang kamu simpan itu". 



b)Bolehkah anak laki-laki mencium ibunya atau sebaliknya?
Hukum aqli ada kejanggalan/kecemburuan, karena yang dijelaskan oleh Allah itu berjumpa tanpa tabir/membuka wajahnya. Dalam QS Al Ahzab 55:

لَّا جُنَاحَ عَلَيۡہِنَّ فِىٓ ءَابَآٮِٕہِنَّ وَلَآ أَبۡنَآٮِٕهِنَّ وَلَآ إِخۡوَٲنِہِنَّ وَلَآ أَبۡنَآءِ إِخۡوَٲنِہِنَّ وَلَآ أَبۡنَآءِ أَخَوَٲتِهِنَّ وَلَا نِسَآٮِٕهِنَّ وَلَا مَا مَلَڪَتۡ أَيۡمَـٰنُہُنَّۗ وَٱتَّقِينَ ٱللَّهَۚ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلَىٰ كُلِّ شَىۡءٍ۬ شَهِيدا


Tidak ada dosa atas isteri-isteri Nabi [untuk berjumpa tanpa tabir] dengan bapak-bapak mereka, anak-anak laki-laki mereka, saudara laki-laki mereka, anak laki-laki dari saudara laki-laki mereka, anak laki-laki dari saudara mereka yang perempuan, perempuan-perempuan yang beriman dan hamba sahaya yang mereka miliki, dan bertakwalah kamu [hai isteri-isteri Nabi] kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Menyaksikan segala sesuatu.
 
Biasanya adat anak tehadap ortu dengan berjabat/mencium tangan, kejanggalan hadis (Rasul mencium Fatimah) mungkin waktu itu masih tergolong anak-anak atau husus beliau. Dimasa sahabat hadis tidak ditulis karena banyak perpecahan (terkadang hadis palsu, lemah dan lain sebagainya).

Adapun maksud hadis “ Barang siapa yang tidak berbelas kasih (kepada anak) maka tidak dikasihi (oleh Allah) Karena sahabat tersebut tidak pernah mencium sepuluh anaknya (waktu kecilnya) setelah anak berusia sepuluh tahun, harus pisah ranjang karena sudah punya keinginan.  

c)Berdosa/mendapat pahala (berpuasa bulan rajab/puasa sunnah yang lain)?
Bulan-bulan yang mulia atau bulan Zulhijjah, muharram dan lain sebagainya. Tidak ada perintah puasa satu bulan kecuali Ramadlon, adapun bulan rajab tidak ada batasan (untuk berpuasa) yang penting memperbanyak kebaikan (membaca Al Quran/salat, bersedekah, berpuasa) 

Hadis yang menjelaskan keutamaan puasa Rajab melebihi pahala puasa Ramadlon (ada yang melemahkan) namun tidak berarti puasa pada bulan itu dilarang.

Berpuasalah kalian maka akan sehat. Al hadis. Dalam hadis Qudsi" Akulah yang akan membalasnya". Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesulitan, namun sebaik-baik puasa adalah puasa Nabi Dawud (sehari puasa sehari berbuka) karena cara inilah yang terbaik untuk kesehatan, untuk itu baik di bulan Rajab atau lainnya (ber

puasa  sebagaimana Nabi Dawud) itu yang terbaik.
  

Ada hadis “Tidak boleh hasud kecuali terhadap dua orang, “Seorang yang diberi kepandaian oleh Allah membaca Al Quran dan ia membacanya diwaktu malam dan diwaktu siang. Dan seorang yang diberi kekayaan oleh Allah dan ia menafkahkannya diwaktu malam dan diwaktu siang. (HR Bukhori) mudah dijalankan tanpa alasan. Tapi berpuasa tergantung kesehatannya.

 Semoga diterima semua amaliyyah kita dan mendapat ridlo Nya.  


                                                      Wassalam.

0 komentar:

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

About Me

Faizahmahrus
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengunjung