pembukaan

Minggu, 01 November 2015

JADILAH PEMIMPIN TELADAN





Pesan ummik kepada ananda Hisyam H.LC.Al Hafidz.



Wahai anakku! Allah memilih contoh yang terbaik bagi kita untuk dibuat teladan, karena Rasulullah paling sempurna diantara para utusan, agar kita lebih memahaminya. Dalam QS Al Ahzab 21:




[33:21] Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. 



Orang berpesan,milih contoh terbaik agar jadinya nanti bisa baik.


Anak pertama yang paling banyak menerima perhatian/kasih sayang. Untuk itu hindari perbantahan baik di fb/grup keluarga hendaknya berkata yang baik agar terampuni dosanya. Dalam QS Al Ahzab 70-71:





[33:70] Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar,

[33:71] niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa menta'ati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.





Nasihat yg berdasar ilmu(Al Quran)tidak mudah dibantah, untuk itu sampaikan saja ayat-ayat/hadis agar bermanfaat, hindari gambar-gambar yang menyerupai makhluk hidup/perkataan yang  terpengaruh nafsu sehingga Allah berpesan dalam QS An Nur 21:




[24:21] Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan. Barangsiapa yang mengikuti langkah-langkah syaitan, maka sesungguhnya syaitan itu menyuruh mengerjakan perbuatan yang keji dan yang mungkar. Sekiranya tidaklah karena kurnia Allah dan rahmat-Nya kepada kamu sekalian, niscaya tidak seorangpun dari kamu bersih (dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar itu) selama-lamanya, tetapi Allah membersihkan siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.





Untuk mengarahkan adik-adikmu maka hendaknya berpedoman hadis” Barang siapa yang tidak berbelas kasih kepada yang lebih kecil dan tidak menghormati yang lebih tua maka bukanlah termasuk golonganku.

    

Berilah dukungan istrimu untuk berhijab/cadar(ada hadis),ketika Ibnu Ummi Maktum masuk disisi Rasul,baliau bersabda kepada istrinya“Berhijablah kalian berdua,jawab mereka“ Dia kan buta wahai Rasulullah” Lantas Beliau menjawab: Kamu kan tidak buta.



Rasul tidak suka istrinya melihat lelaki yg bukan mahram,apalagi dilihat lelaki lain, untuk itu sahabat diperintah agar bertanya dari belakang tabir/QS Al Ahzab 53.   


Kebaikan istri berpengaruh atas dakwahmu,balasan sesuai pengorbanan,jika dia mampu dakwah bilhal(bercadar)disertai akhlak yg baik pasti yg lain iri. Ingatlah pesan Allah kepada Nabi Yahya serta balasannya. Dalam QS Maryam 12-15:










[19:12] Hai Yahya, ambillah Al Kitab (Taurat) itu dengan sungguh-sungguh. Dan kami berikan kepadanya hikmah selagi ia masih kanak-kanak,
[19:13] dan rasa belas kasihan yang mendalam dari sisi Kami dan kesucian (dari dosa). Dan ia adalah seorang yang bertakwa,
[19:14] dan seorang yang berbakti kepada kedua orang tuanya, dan bukanlah ia orang yang sombong lagi durhaka.
[19:15] Kesejahteraan atas dirinya pada hari ia dilahirkan dan pada hari ia meninggal dan pada hari ia dibangkitkan hidup kembali.





Teladan yg baik ialah yg sanggup menampakkan kebenaran, apalagi dizaman sekarang (merdeka dalam menjalankan agama) Nabi Ibrahim membela agama Allah hingga dibakar (bertentangan dg masyarakat) namun api menjadi dingin. Al Anbiyak 68-70:







[21:68] Mereka berkata: "Bakarlah dia dan bantulah tuhan-tuhan kamu, jika kamu benar-benar hendak bertindak".

[21:69] Kami berfirman: "Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim",

[21:70] mereka hendak berbuat makar terhadap Ibrahim, maka Kami menjadikan mereka itu orang-orang yang paling merugi.



Islam itu permulaannya terasing&akan kembali lagi terasing bahagialah orang-orang yg terasing.Jika ada yg usul(hukum  ringan)katakanlah“Takutlah kepada Allah semampumu”

Menurut ummik(keluargamu hendaknya memberi contoh terbaik). Turutlah Allah, meskipun mereka akan menjadikanmu kekasih. Dalam QS Al Israk 73-75:






[17:73] Dan sesungguhnya mereka hampir memalingkan kamu dari apa yang telah Kami wahyukan kepadamu, agar kamu membuat yang lain secara bohong terhadap Kami; dan kalau sudah begitu tentu

[17:74] Dan kalau Kami tidak memperkuat (hati)mu, niscaya kamu hampir-hampir condong sedikit kepada mereka,

[17:75] kalau terjadi demikian, benar-benarlah Kami akan rasakan kepadamu (siksaan) berlipat ganda di dunia ini dan begitu (pula siksaan) berlipat ganda sesudah mati, dan kamu tidak akan mendapat seorang penolongpun terhadap Kami.




Perintah/larangan Allah jangan dikurangi/ditambah, namun sampaikan saja. Sebagaimana tercantum dalam QS Al Maidah 67:




[5:67] Hai Rasul, sampaikanlah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu. Dan jika tidak kamu kerjakan (apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu tidak menyampaikan amanat-Nya. Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.

Menyampaikan kebenaran memang bertahap tapi dakwah bilhal tidak ada batasan, bahkan yang terbaik ialah mengamalkan perintah disaat mereka jarang yang mampu. Yang menyimpannya Allah memberi ancaman dalam QS Al Baqarah 159-160:





 
[2:159] Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-keterangan (yang jelas) dan petunjuk, setelah Kami menerangkannya kepada manusia dalam Al Kitab, mereka itu dila'nati Allah dan dila'nati (pula) oleh semua (mahluk) yang dapat mela'nati,

[2:160] kecuali mereka yang telah taubat dan mengadakan perbaikan dan menerangkan (kebenaran), maka terhadap mereka itulah Aku menerima taubatnya dan Akulah Yang Maha Menerima taubat lagi Maha Penyayang. 



  

Semoga kebenaran yang ummik sampaikan ini bisa menambah bekal mu didalam berdakwah baik kepada masyarakat dan keluarga.



                         Semoga bermanfa’at.



                               Wassalam.



                             Ummik Faizah.   







 



    









    


0 komentar:

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

About Me

Faizahmahrus
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengunjung