pembukaan

Selasa, 26 Juni 2012

Sukses dengan doa




Ingatlah pesan Allah dalam QS Al-Baqarah 186.

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

"Dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia berdo'a kepada-Ku, hendaklah mereka itu memenuhi (perintah) Ku, dan beriman kepada Ku agar memperoleh kebenaran." (QS Al Baqarah: 186).

Berdo’a itu ibadah, kita diperintah berdoa kepada Allah, baik dengan membaca doa dari rasul/yang tercantum dalam Al Qur an/menggunakan tawassul dengan amal perbuatan yang baik dan yang paling berat (yang pernah kita lakukan).

Sebagaimana cerita 3 orang pemuda yang tertutup oleh batu bersar namun akhirnya bisa keluar dari pintu Gua tersebut, sebab bertawassul dengan perbuatannya yang baik setelah itu mereka berdoa, Dalilnya sudah tercantum dalam blog saya yang berjudul " APAKAH BEKAL YANG TERBAIK? Bulan dan tahunnya ( 2013 / 05 ).
   
Disamping berdoa, membutuhkan kesabaran dan banyak berzikir. Contoh:
  
1)  Nabi Zakaria ingin mempunyai keturunan yang baik, beliau berdoa :

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ(38)

"Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar do`a". (QS Ali Imran 38).
Allah mengabulkan do’a Nabi Zakariya, tapi Allah berpesan hendaknya memuji kepadaNya dengan sebanyak-banyaknya pada waktu pagi dan petang. Sebagaimana yang tercantum dalam QS Ali Imran 4:

قَالَ رَبِّ اجْعَلْ لِي ءَايَةً قَالَ ءَايَتُكَ أَلَّا تُكَلِّمَ النَّاسَ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ إِلَّا رَمْزًا وَاذْكُرْ رَبَّكَ كَثِيرًا وَسَبِّحْ بِالْعَشِيِّ وَالْإِبْكَارِ(41)

Berkata Zakaria: "Berilah aku suatu tanda (bahwa isteriku telah mengandung)". Allah berfirman: "Tandanya bagimu, kamu tidak dapat berkata-kata dengan manusia selama tiga hari, kecuali dengan isyarat. dan sebutlah (nama) Tuhanmu sebanyak-banyaknya serta bertasbihlah diwaktu petang dan pagi hari". QS Ali Imran 41


                                          Doa para Nabi merupakan tuntunan agar manusia tidak syirik dalam menghadapi bermacam -macam kesulitan. Contoh:  Ibu-ibu sering bertanya kepada saya tentang anaknya yang sulit mendapatkan jodoh. Ada yang tidak bisa punya anak. Saya coba memberinya doa Nabi Zakaria yang ada didalam QS Al-Anbiya’ 89 ( Rabbi laa tadzarnii fardan wa anta khoirul waa ritsiin ) “Ya Allah! Janganlah Engkau jadikan aku hidup seorang diri ( tanpa keturunan ) dan Engkaulah sebaik-baik pewaris”. Maka terkabullah doa Nabi Zakaria (Yahya lahir). Alhamdulillah banyak orang yang terkabul sebab doa tersebut. Kalau sudah berdoa belum terkabul? Jangan putus asa karena ada hadits :

 يُسْتَجَابُ لأَحَدِكُمْ مَا لَمْ يَعْجَلْ يَقُولُ: دَعَوْتُ فَلَمْ يُسْتَجَبْ لِي

 “Doa seorang di antara kalian akan dikabulkan selama ia tidak tergesa-gesa sehingga ia berkata : “Aku telah memohon, tetapi permohonanku tidak dikabulkan.” (Bukhari, 80, kitabut Da’awat, 22, bab Doa seorang dikabulkan selama ia tidak tergesa-gesa).

Namun takutlah terhadap doanya orang yang dianiaya sebagaimana hadis :

اتَّقِ دَعْوَةَ المَظْلُوْمِ فَإِنَّهَا لَيْسَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ اللهِ حِجَابٌ


“Takutlah dari do’a orang yang teraniaya, karena do’anya tidak terbatasi oleh apapun dari Allah.” (Bukhari, 26, Kitab Mazdalim, 9, bab menjauhi do’a  orang teraniaya).[1]
Kalau belum terkabul, kita ambil saja hikmahnya, sebab Allah itu Maha Bijaksana.

2)     Kisah Nabi Musa a.s.

Nabi Musa terpilih ( menjadi Nabi ) karena banyak berzikir dan ikut perintah Allah ( tidak menjalankan kebid`ahan dan kesyirikan ). Sebagaimana firman Allah dalam QS Maryam 51:

وَاذْكُرْ فِي الْكِتَابِ مُوسَى إِنَّهُ كَانَ مُخْلَصًا وَكَانَ رَسُولًا نَبِيًّا(51)

Dan ceritakanlah ( hai Muhammad kepada mereka ), kisah Musa didalam Al Kitab ( Al Qur'an ) ini. Sesungguhnya ia adalah seorang yang dipilih dan seorang Rasul dan Nabi (QS Maryam 51) :
Akhirnya  diberi mu'jizat yaitu tongkat bisa menjadi ular, dan tangannya bisa  mengeluarkan sinar. Sebagaimana yang tercantum dalam  QS Taha 19-23:

قَالَ أَلْقِهَا يَامُوسَى(19)فَأَلْقَاهَا فَإِذَا هِيَ حَيَّةٌ تَسْعَى(20)قَالَ خُذْهَا وَلَا تَخَفْ سَنُعِيدُهَا سِيرَتَهَا الْأُولَى(21)وَاضْمُمْ يَدَكَ إِلَى جَنَاحِكَ تَخْرُجْ بَيْضَاءَ مِنْ غَيْرِ سُوءٍ ءَايَةً أُخْرَى(22)لِنُرِيَكَ مِنْ ءَايَاتِنَا الْكُبْرَى(23)

Allah berfirman: "Lemparkanlah ia, hai Musa!" Lalu dilemparkannyalah tongkat itu, maka tiba-tiba ia menjadi seekor ular yang merayap dengan cepat. Allah berfirman: "Peganglah ia dan jangan takut, Kami akan mengembalikannya kepada keadaannya semula, dan kepitkanlah tanganmu ke ketiakmu niscaya ia keluar menjadi putih cemerlang tanpa cacad, sebagai mu`jizat yang lain  ( pula ) untuk Kami perlihatkan kepadamu sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Kami yang sangat besar.

Keterangan: Setelah Nabi Musa diberi mu'jizat oleh Allah ( keistimewaan ) lantas di perintahkan untuk berda'wah kepada Raja Fir’aun ( ayah angkatnya ). Beliau berdo’a kepada Allah sebagaimana yang tercantum dalam QS Taha 25-28 :

قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي(25)وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي(26)وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي(27)يَفْقَهُوا قَوْلِي(28)

Berkata Musa: "Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.

Nabi Musa dalam melaksanakan tugas da'wah, tidak cukup berdo’a, namun beliau minta agar didampingi oleh Harun salah satu  dari keluarganya. Sebagaimana yang tercantum  dalam QS Taha 29-36).

وَاجْعَلْ لِي وَزِيرًا مِنْ أَهْلِي(29)هَارُونَ أَخِي(30)اشْدُدْ بِهِ أَزْرِي(31)وَأَشْرِكْهُ فِي أَمْرِي(32)كَيْ نُسَبِّحَكَ كَثِيرًا(33)وَنَذْكُرَكَ كَثِيرًا(34)إِنَّكَ كُنْتَ بِنَا بَصِيرًا(35)قَالَ قَدْ أُوتِيتَ سُؤْلَكَ يَامُوسَى(36)
Dan jadikanlah untukku seorang pembantu dari keluargaku, (yaitu) Harun, saudaraku, teguhkanlah dengan dia kekuatanku, dan jadikanlah dia sekutu dalam urusanku, supaya kami banyak bertasbih kepada Engkau, dan banyak mengingat Engkau. Sesungguhnya Engkau adalah Maha Melihat (keadaan) kami". Allah berfirman: "Sesungguhnya telah diperkenankan permintaanmu, hai Musa."

                 Adapun bekal Nabi Musa dalam menghadapi Raja Fir’aun :

a) Berdo’a. b) Ada pembantu. c) Banyak berzikir. d) Dengan perkataan lemah lembut.

 Adapun rahasia dari 4 perkara tersebut, supaya benar- benar tawakkal dan menguatkan mental, untuk pembicaraan yang lemah lembut sangat dibutuhkan, barangkali dengan perkataan itu Firaun  bisa ingat atau takut kepada Allah. Sebagaimana disebutkan dalam QS. Taha 42-44:

اذْهَبْ أَنْتَ وَأَخُوكَ بِآيَاتِي وَلَا تَنِيَا فِي ذِكْرِي(42)اذْهَبَا إِلَى فِرْعَوْنَ إِنَّهُ طَغَى(43)فَقُولَا لَهُ قَوْلًا لَيِّنًا لَعَلَّهُ يَتَذَكَّرُ أَوْ يَخْشَى(44)

Pergilah kamu beserta saudaramu dengan membawa ayat-ayat-Ku, dan janganlah kamu berdua lalai dalam mengingat-Ku; Pergilah kamu berdua kepada Fir`aun, sesungguhnya dia telah melampaui batas; maka berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut, mudah-mudahan ia ingat atau takut".

Padahal Fir'aun orang kafir yang mengaku Tuhan, tapi Nabi Musa  masih diperintahkan supaya  bicara yang lemah lembut, pasti ada rahasia dibalik itu.

Do’a Pagi Petang Yang Kami Cantumkan dalam Judul Ini


a)  Berlindung dari ilmu yang tidak bermanfaat, dan akhlak yang tercela.

b)  Berlindung dari gangguan makhluk halus atau sakit yang tidak wajar.

c)  Berlindung dari bencana yang sangat dan teman yang jahat.

d)  Mohon kebahagiaan dalam rumah tangga.

 e)  Mohon supaya dimudahkan melunasi hutang.

                    a)     Berlindung dari ilmu yang tidak bermanfaat, dan akhlak yang tercela.

 اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَ يَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لاَ يَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لاَ تَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لاَ يُسْتَجَابُ لَهَا

.Ya Allah . Sesungguhnya  aku berlindung dengan Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat ,hati yang tidak khusyu`  ( yang tidak tunduk ), nafsu yang tak kenyang  dan doa yang tidak mustajab [2].
Adapun doa nabi Ibrahim kepada Allah begitu tepat, singkat dan padat. Sebagaimana yang tercantum dalam QS Asy Syuara' 83- 85::

 رَبِّ هَبْ لِي حُكْمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ(83)وَاجْعَلْ لِي لِسَانَ صِدْقٍ فِي الْآخِرِينَ(84)وَاجْعَلْنِي مِنْ وَرَثَةِ جَنَّةِ النَّعِيمِ(85)

(Ibrahim berdo`a): "Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh, dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian, dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mempusakai surga yang penuh keni`matan,

Berlindung dari akhlaq yang tercela:

   اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الشِّقَاقِ وَالنِّفَاقِ وَسُوءِ الْأَخْلَاقِ

Ya Allah ! Sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari perpecahan, kemunafikan dan akhlak jahat [3]   Hadis dari Abu Hurairah. Ia juga diriwayatkan oleh Abu Dawud dalam kitab sunannya [4]

b)    Berlindung dari gangguan makhluk halus atau sakit yang tidak wajar, dan dari sihir gendam, guna-guna dan sebagainya.


  رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّياَطِيْنِ وَأَعُوْذُ بِكَ رَبِّ أَنْ يَحْضُرُونِ
Wahai Tuhanku , Aku berlindung denganMu dari godaan setan  dan aku berlindung denganMu  wahai Tuhanku agar mereka tidak datang .

  اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُنُونِ وَالْجُذَامِ وَالْبَرَصِ وَسَيِّئِ الْأَسْقَامِ

 .Allaahumma innii  a`uudzu bika  minal junuun wal judzaam wal baroshi wasayyi il asqaam

Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung denganMu  dari gila, lepra, kusta dan penyakit yang jelek/jahat . [5]


Di sertai bacaan QS Al Ikhlas(qulhu), dibaca 3 kali. QS Al Falaq, dibaca 3 kali. Dan QS An Naas, dibaca 3 kali. ( bisa dibaca setiap selesai salat ).

Adapun cara lain yang berkaitan dengan perobatan, sudah tercantum dalam blog saya yang berjudul " Kiat menyembuhkan penyakit " Bulan dan tahunnya 2013 / 05.
Ada lagi judul "Doa-doa penting dalam sehari semalam" Tahun dan bulannya 2013/09
 
c)  Berlindung dari bencana yang sangat dan diberesi oleh Allah kesulitannya serta        dijauhkan dari teman yang jahat.


   للهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ الْبَلَاءِ وَدَرَكِ الشَّقَاءِ وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ

 Ya Allah ! Sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari bala` yang sangat, menjumpai celaka, takdir yang jelek, dan musuh yang gembira .[6]

 حَسْبِيَ اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ

"Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki `Arasy yang agung".QS At Taubah 129.

Berdasarkan pengalaman, doa tersebut apabila sering dibaca, maka kesulitannya menjadi mudah.   

Adapun teman atau tetangga yang jahat termasuk hambatan, oleh sebab itu Rasulullah SAW  mengajari kita dalam berdoa:

 اللهم إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ جَارِ السَّوْءِ فِي دَارِ الْمُقَامِ

 Allaahumma innii  a`uudzu bika  min jaarissuu` fii daarilmuqaam

Ya Allah ! Sesungguhnya aku berlindung denganMu  dari  tetangga  jelek di desa tempat tinggal [7]


Petunjuk dan kecukupan sangatlah penting, sebagaimana Rasul pernah berdo’a :

 اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى

Ya Allah ! Sesungguhnya aku mohon kepadaMu petunjuk , takwa, berhati – hati dari perkara haram dan diberi kecukupan. [8]

d) Rumah tangga bahagia.

Keluarga yang sakinah, bahagia adalah harapan semua orang. Benarlah Rasul mengajari do’a  

  اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِيَ اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَتِي وَآمِنْ رَوْعَاتِي اللَّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ وَمِنْ خَلْفِي وَعَنْ يَمِينِي وَعَنْ شِمَالِي وَمِنْ فَوْقِي وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي


     Ya Allah ! Sesungguhnya aku mohon kepadaMu keselamatan di dunia  maupun di aherat. Ya Allah  sesungguhnya aku mohon kepadaMu pengampunan  dan keselamatan  agama, dunia dan keluargaku serta hartaku. Ya Allah ! Tutupilah  aibku  dan tenangkan hatiku. Ya Allah ! Jagalah aku  dari muka, belakang, kanan, kiri, atas. Dan  aku berlindung dengan keagunganMu jangan sampai aku  dibunuh dari bawah (  ya`ni di makan ular atau lainnya).  HR Abu Dawud [9].

Banyak orang mengeluh dikarenakan diantara keluarganya ada yang menjengkelkan ( malas shalat, sering mabuk, keras kepala, pelit, suka serong dan sebagainya). Saya coba memberinya do’a-do’a sebagai berikut :

   رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

"Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.[10]

   اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَخَيْرَ مَا جَبَلْتهُ عَلَيْهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَمِنْ شَرِّ مَا جَبَلْتَهَ عَلَيْهِ
Ya Allah ! Sesungguhnya aku mohon kepadaMu  kebaikan ( sebut nama orang yang anda maksudkan ) dan kebaikan wataknya  dan aku berlindung kepadaMu  dari kejelekan ( ……………….) dan kejelekan wataknya . [11]
 Alhamdulillah, Allah menyadarkan mereka. Bila yang didoakan perempuan jadi  (ha) bukan hi atau hu. 

Dalam urusan rumah tangga memang berkaitan dengan judul " SIAPAKAH YANG BENAR ? " Bulan dan tahunnya 2013 / 05. 

e)  Mohon supaya dimudahkan membayar hutang:
اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ وَرَبَّ الْأَرْضِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ رَبَّنَا َرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَالْإِنْجِيلِ وَالْفُرْقَانِ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ اللَّهُمَّ أَنْتَ الْأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ وَأَنْتَ الْآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُونَكَ شَيْءٌ اقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ
   Ya  Allah , wahai Tuhan langit ,bumi dan Arasy yang agung . Tuhan kami dan Tuhan segala sesuatu , pembelah biji, penurun kitab Taurat , Injil dan Al Quran . Aku berlindung dengan Mu  dari kejelekan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun ubunnya. Ya Allah ! Engkau yang pertama , sebelumMu tiada sesuatu. Engkau yang akhir setelah Mu tiada sesuatu. Engkau Dhohir , diatasMu tiada sesuatu dan Engkau yang batin , dibawahMu tiada sesuatu. Lunasilah hutang kami dan cukupilah kami dari kefakiran. [1] 
 Bacalah doa tersebut sebelum tidur, agar diberi kemudahan untuk melunasi hutang dan diberi kecukupan.

Oleh karenanya orang yang sukses juga membutuhkan kesabaran dan konsep hidup, untuk itu dalam buku ini akan saya cantumkan judul- judul yang tercantum dalam blog saya, begitu juga bulan dan tahunnya, diantaranya yang berkaitan:

1-  SUKSES DENGAN DOA ( 2012 / 06 ).
2-  INGIN JADI MUKMIN YANG SUKSES ? ( 2012 / 06 ).
3-  RUMAH TANGGA BAHAGIA ( 2012 / 08 ).
4-  WANITA YANG SHALIHAH ( 2012 / 08 ).
5-  KEWAJIBAN ORANG TUA ( 2012 / 09 ).
6-  ANAK YANG TAAT ( 2012 / 09 ).  

                                                 Semoga bermanfaat di dunia dan akhirat.

                                                 Apabila terdapat hilaf mohon diberi tahu.

                                                                            Wassalam




Daftar Pustaka:

[1]   Allu`lu` wal marjan 10/1. Al albani berkata : Hadis tsb Muttafaq alaih  , 399/1 Dan dalam kitab Assilsilatus sahihah , di katakan sahih , 395/2

[2] HR Muslim 2722

[3] HR Nasai 5471 , hadislemah  ,Jamius shoghir 1198 , Nasai  416/5471 . Al Misykat 2468

[4] 1546

[5] HR Nasai  5493

[6] HR Bukhori / Daawat / 6347. Muslim / Dzikir / 2707. Nasai / Istiadzah / 5491- 5492. Ahmad / Baqi musnad muksirin/ 7308

[7] HR Nasai  5502

[8] HR Muslim/ Zikir/2731. Tirmizi/Abu Dawud/3489. Ibnu Majah/Doa/3832. Ahmad/ Musnad muksirin/ 3684.

[9] HR Abu Dawud  / 4412 .Nasa I / Isti`adzah 5434 . 5435/ Ibnu Majah  / Isti `adzah /3861. Ahmad / Baqi musnad muktsirin/4554 .
 
[10] Al Furqan 74
[11] HR Abu Dawud  / Nikah / 2160 . Ibnu Majah  / Nikah / 1918. 2252.


[1] HR Muslim / Dzikir/ 2713. Tirmizi/ Daawat/ 3400. –3480. Abu  Dawud/ Adab / 5051. Ibnu Majah/ doa/ 3834. Ahmad / Baqi musnad muksirin/ 8737. Ia juga di riwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah  ,lihat Tuhfatul ahwazi 9/243


3 komentar:

Faizahmahrus mengatakan...

Bismillah,sering kali orang mengeluh/ketika merawat ibu/bapa nya,karena agak repot menerima saran terkadang cerewet,sakit2an dll.faizah cuman punya dikit saran,yang sabar,karena usia bila sudah lanjut,maka kembali kecil lagi,ada yg pikun,pelupa dll,maka dari itu sampaikan/ajari doa dari Rasul[mohan perlindungan jg dari pikun dan dari fitnah dunia,dan siksa kubur,lihat dlm judul PRILAKU ORANG YANG MEMILIKI DERAJAT TINGGI.

Faizahmahrus mengatakan...

No 2 ;yang sering menyampaikan berita[macam2 keni'matan surga/ pedihnya siksa neraka,biar mereka mau bertaubat dan tabah serta bertambah baik.dalam judul NERAKA DAN SURGA,juga ada doa dari rasul,yang sangat bermanfaat.jangan sekali kali meniggalkan salat [semampunya],perintahkan untuk membaca alqur an yang di anggap paling mudah.setiap pagi sore.sebagai anak,jangan sekali kali bicara hus kepada ortunya,taatilah!selama gk sirik.

Faizahmahrus mengatakan...

Ingatlah QS luqman 14-15.Ayat tsb memberi peringatan kepada kita ,bahwa saat membesarkan dan mengandung dalam keadaan payah ,oleh sebab itu temanilah mereka dengan baik.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

About Me

Faizahmahrus
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengunjung