pembukaan

Rabu, 13 Juli 2016

MENYAMBUNG KERABAT JANGAN MELANGGAR AYAT



              MENYAMBUNG KERABAT JANGAN MELANGGAR AYAT.






Banyak yang salah faham tentang silatur rahmi, sehingga banyak pelanggaran, apalagi ada hadis" Kerabat suami adalah kebinasaan" Diantara pelanggarannya adalah:

a)Ketika tamu laki perempuan (ipar, misan) duduk diruang yang sama/tanpa tabir, padahal yang bukan muhrim agar menundukkan pandangan. Itulah kesimpulan dari QS An Nur 31. Begitu juga para sahabat dipesan oleh Allah agar bicara dari balik tabir/untuk menghindari fitnah. Dalam QS Al Ahzab 53:


 وَإِذَا سَأَلۡتُمُوهُنَّ مَتَـٰعً۬ا فَسۡـَٔلُوهُنَّ مِن وَرَآءِ حِجَابٍ۬ۚ ذَٲلِڪُمۡ أَطۡهَرُ لِقُلُوبِكُمۡ وَقُلُوبِهِنَّۚ


Dan apabila kamu meminta sesuatu [keperluan] kepada mereka [isteri-isteri Nabi], maka mintalah dari belakang tabir. Cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka. 


Termasuk adab dalam mertamu (tidak masuk sebelum diizinkan, tidak terlalu lama dalam berbicara, ketika bermalam tidak melebihi tiga hari) yang bukan muhrim hendaknya ada tabir (sebagaimana ketika ada ibnu ummi Maktum masuk disisi Rasul, ketika itu kedua istrinya diperintah berhijab. lantas mereka menjawab: Wahai Rasul, dia itu buta. lantas Rasul bersabda: Apakah kamu buta? Waktu itu sudah diturunkan ayat hijab.

Sesungguhnya seorang perempuan menghadap berupa setan, berpaling berupa setan, bila sesesorang diantaramu melihat perempuan, datangilah istrinya, sesungguhnya hal itu bisa melenyapkan sahwat pada dirinya. Al Hadis.
  
b)Lipstik/parfum itu dilarang (bagi wanita).
Rasul memerintahkan wanita yang memakai parfum supaya membasuhnya, lipstik dan wanita yang menghiasi tangannya, semua itu termasuk tabarruj yang jelas dilarang. Dalam QS Al Ahzab 33:

وَقَرۡنَ فِى بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجۡنَ تَبَرُّجَ ٱلۡجَـٰهِلِيَّةِ ٱلۡأُولَىٰۖ وَأَقِمۡنَ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتِينَ ٱلزَّڪَوٰةَ وَأَطِعۡنَ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۚ ۥۤ إِنَّمَا يُرِيدُ ٱللَّهُ لِيُذۡهِبَ عَنڪُمُ ٱلرِّجۡسَ أَهۡلَ ٱلۡبَيۡتِ وَيُطَهِّرَكُمۡ تَطۡهِيرً۬ا

Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu [3] dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu [4] dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ta’atilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait [5] dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.


Kecuali bagi istri (hanya didalam kamar/untuk suaminya) boleh mengenakan parfum.Setelah itu basuhlah, karena wanita yang melewati lelaki lain/berbau harum (termasuk berzinah).

c) Minta ma'af jangan menunggu lebaran.
Apabila bersalah, langsung saja minta ma’af/jangan ditunda, terhadap yang bukan muhrim, tidak layak tegur sapa dengan suara (yang cenderung lunak) karena Allah melarang dalam QS Al Ahzab 32:

يَـٰنِسَآءَ ٱلنَّبِىِّ لَسۡتُنَّ ڪَأَحَدٍ۬ مِّنَ ٱلنِّسَآءِۚ إِنِ ٱتَّقَيۡتُنَّ فَلَا تَخۡضَعۡنَ بِٱلۡقَوۡلِ فَيَطۡمَعَ ٱلَّذِى فِى قَلۡبِهِۦ مَرَضٌ۬ وَقُلۡنَ قَوۡلاً۬ مَّعۡرُوفً۬ا

Hai isteri-isteri Nabi, kamu sekalian tidaklah seperti wanita yang lain, jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara (kemenyek) sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya [2], dan ucapkanlah perkataan yang baik.

Untuk itu ketika Imam salat (hilaf) hendaknya menegur (dengan   menepuk tangan) kecuali salah membaca Al Quran (harus dibenarkan apabila memungkinkan).

Ketika selesai salat id ada yang mengucapkan “Semoga diterima semua amal ibadah kita” lantas dia menjawab: Ya Allah terimalah wahai Zat Yang Maha Mulia. Ini lebih aku sukai karena mengandung do’a. 

Berjabat tangan dengan yang bukan muhrim, itu pelanggaran. Barang siapa melihat kemungkaran lantas ingkar dengan hati saja, termasuk paling lemah-lemahnya iman.

d)Menyambung itu yang putus.
Ada yang berpendapat (silaturrahmi itu) keluarga yang terputus (agar tidak ada permusuhan) tapi kalau sudah ada hp/tidak ada permusuhan, kena apa suka dijalan/separoh azab, banyak yang menjadi korban, lebih baik kembali kepada kesucian (banyak membaca Al Quran/salat, berzikir, bersedekah) Yang dilarang itu mutus. Dalam QS Al Baqarah 27:

ٱلَّذِينَ يَنقُضُونَ عَهۡدَ ٱللَّهِ مِنۢ بَعۡدِ مِيثَـٰقِهِۦ وَيَقۡطَعُونَ مَآ أَمَرَ ٱللَّهُ بِهِۦۤ أَن يُوصَلَ وَيُفۡسِدُونَ فِى ٱلۡأَرۡضِ‌ۚ أُوْلَـٰٓٮِٕكَ هُمُ ٱلۡخَـٰسِرُونَ


 [yaitu] orang-orang yang melanggar perjanjian Allah sesudah perjanjian itu teguh, dan memutuskan apa yang diperintahkan Allah [kepada mereka] untuk menghubungkannya dan membuat kerusakan di muka bumi. Mereka itulah orang-orang yang rugi.


Terbukti para Nabi jarang bertemu dengan keluarganya (Nabi Ismail lama berpisah dengan bapaknya, Nabi Ibrahim malah berpisah selamanya dari ayahnya,  Nabi Muhammad malah yatim piatu. Namun mereka diberi kegembiraan tersendiri/diangkat derajatnya.


                   Semoga bermanfa’at, bisa merubah adat demi kemaslahatan.  

                                             Wassalam.

                         www.faizahmahrus.blogspot.com

0 komentar:

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

About Me

Faizahmahrus
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengunjung