pembukaan

Selasa, 16 Februari 2016

KERUSAKAN AKIBAT NIKAH DIPERSULIT

                        KERUSAKAN AKIBAT NIKAH DIPERSULIT.



Hasil gambar untuk bismillah arab


 Berdasarkan kenyataan, timbulnya pergaulan bebas terkadang karena ortu mempersulit pernikahan anaknya, begitu juga persaratan pesantern yang berlebihan, timbulnya perbedaan dalam rumah tangga, sehingga perlu adanya perbandingan. Diantara masalah yang harus saya jawab:
 
Perbandingan antara dalil aqli dan dalil naqli:
1-Sudah menikah berpisah, sehingga banyak orang bilang (sudah nikah kok tidak serumah) padahal Allah berfirman dalam QS Ar Rum 21: Dia menjadikan diantaramu rasa kasih sayang. Sungguh pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda ( kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.
Sehingga ada hadis (setelah akad nikah supaya berkumpul) apabila dilanggar terkadang bahaya/kesurupan, padahal tujuan orang tua agar mereka bahagia dan selamat dari fitnah.

Bujang pas-pasan setelah nikah kecukupan.
Itulah kenyataan, karena perintah Allah (bagi yang sudah mampu menjalani nikah) maka akan dicukupi rizkinya. QS An Nur 32.

Sabar menghadapi tugas/timbulnya perbedaan, akan dibalas (Surga) sebagaimana kisah Nabi Nuh/Lut kepada istrinya (kafir) begitu juga Asiyah, meskipun kehidupannya ibarat Surga Dunia, namun mempertahankan yang haq itu berat, sehingga dia berdo’a “ Ya Tuhanku! bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi Mu dalam Surga…………….(QS At Tahrim 11).

Banyak perintah untuk menikah, karena ada hadis (apabila seseorang diantaramu melihat wanita maka datangilah istrinya, karena hal itu bisa melenyapkan sahwat yang ada pada dirinya) Riwayat lain ada tambahan karena hal itu bisa menundukkan pandangan dan bisa menjaga kemaluan”.


Kemurahan Allah sebagai rahmat. Untuk itu Rasul bersabda” Bikinlah mudah dan jangan mempersulit, berilah kabar gembira dan jangan membikin orang lari.

Meskipun Rasul memperbesar mahar namun bagi yang tidak punya, semampunya saja, karena diantara sahabat juga ada yang menunda mahar juga ada yang mahar dengan sandal, ada yang tidak memiliki apa-apa sehingga maharnya dengan hafalan surat dari Al Quran.  

Bagi yang sudah terjawab semoga bisa mengambil hikmah.  

                                      Wassalam.
                                

0 komentar:

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

About Me

Faizahmahrus
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengunjung