pembukaan

Sabtu, 09 Februari 2013

Jawaban untuk PP Putri ALWAFA’ Bogor



Jawaban untuk PP Putri ALWAFA’ Bogor





Alhamdulillah berkat pertolongan Allah sehingga pertanyaan dari putriku “Mubasysyirah" Selaku pengasuh PP Putri  AL WAFA’ dan sekarang sudah mendirikan pesantren dengan nama Adzdzikra-Jl Raya Cibeber- Sirna galih-Cilaku -Cianjur JABAR. Dia bilang" Ibu-ibu dan murid-murid sering bertanya Ma:
1-Bagaimanakah caranya mengatasi keluarga tanpa pembantu anak banyak tapi bisa  hafal Al Quran?.
2-Bagaimanakah cara mendidik atau mengarahkannya mulai dari anak pertama hingga adik-adiknya? Tolong diberi penjelasan meskipun cuma
sepintas selalu.
                    Jawaban yang berdasarkan dalil dan pengalaman sebagai berikut:
Kesibukan sudah menjadi tugas kehidupan yang perlu kita ingat adalah janji Allah:

                         a) ” Sesungguhnya bersama dengan kesulitan ada kemudahan”. Sebagaimanatercantum dalam QS Asy Syarh 5-6.
فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا(5)إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا(6)
Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

Pepatah mengatakan:
Berrakit-rakit kehulu berrenang ketepian.
Sakit-sakit dahulu baru kemudian bersenang-senang.

Lebih jelas, boleh dilihat dalam blognya mama yang berjudul “PERSIAPKAN DIRI KITA UNTUK masa depan kedua" Alamat blog serta bulan dan tahunnya: www.faizahmahrus.blogspot.com  06/ 2012.

                       b)- Tiada keberhasilan tanpa perjuangan ada kemauan pasti ada jalan. Sebagaimana Firman Allah dalam QS Al Ankabut 69.

وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ(69).

   Dan orang-orang yang berjihad (mencari keridaan ) Kami, Kami akan tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sungguh Allah beserta orang-orang yang berbuat baik.  QS Al Ankabut 69.

                        c)- Menjaga salat (khusyu') serta menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan ) yang tidak berguna. Konsep itu sudah tersebut dalam QS Al Mu’minun 2-3.
الَّذِينَ هُمْ فِي صَلَاتِهِمْ خَاشِعُونَ(2)وَالَّذِينَ هُمْ عَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضُونَ.
(Yaitu) orang-orang yang khusyu` dalam shalatnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna.

     Apabila masa kanak-kanak sudah dilatih dengan kesibukan ( belajar, menghafal Al Qur an dimulai dari surat-surat pendek atau  mengerjakan sesuatu yang berguna, membantu orang tua dll) maka ketika remaja atau dipesantren, sudah terbiasa. Ya’ni selalu sibuk belajar dan ibadah, menghafal Al Quran / mengajarkannya.  Pasti akan melihat hasil dari perjuangannya masing-masing. Lebih jelasnya:
bisa dilihat dalam blognya mama, yang berjudul “Ingin jadi mukmin yang sukses?”. Bulan dan tahunnya: (06/2012).

Dalam judul tersebut banyak hadis dan ayat Al Qur an yang membuat orang selamat dan sukses.

                       d) Ketika mereka ditimpa cobaan atau kesedihan maka saya ceritakan kesabaran Maryam. dan sudah tercantum dalam judul" Perilaku orang yang memiliki derajat tinggi" bulan dan tahunnya (06/ 2012). Adapun Nabi Ibrahim adalah manusia yang taat, sabar, tawakkal, sehingga bisa lulus dalam ujian yang  akhirnya diangkat menjadi pimpinan (imam). Diantara penyebab datangnya hidayah adalah mereka yang sabar dan taqwa ketika datang musibah. Sebagaimana yang tercantum dalam QS Al Baqarah 155-157
.
وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ(155)الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ(156)أُولَئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ(157).
Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, "Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun"Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.
Suatu contoh: Rasulullah beserta sahabatnya pernah mengalami kelaparan, adapun hadisnya sudah tercantum dalam blognya mama yang berjudul “ALQUR AN JALAN HIDUPKU”. Bulan dan tahunnya: (07/2012).

Diantara cobaan adalah si buah hati diambil oleh yang Maha Kuasa. Untuk itu aku berharap kepada Allah agar 7 anak-anakku yang meninggal dunia dan yang gugur bisa menjadi tabir dari api neraka.  
 Untuk menuju kesuksesan tidak lepas dari bermacam-macam rintangan dan cobaan, insya Allah semuanya bisa teratasi dengan mudah dan dikasih jalan keluar oleh Allah, selama tidak putus asa dari rahmat Nya. Contoh: terkadang anak-anak mengalami susah tidur, bicaranya ngelantur dan panas biasanya cukup dibacakan ayat-ayat Al Quran terkadang 1-2 jam setiap pagi sore, Al Hamdulillah sembuh dengan izin Allah begitu juga kesulitan lain akan menjadi mudah ketika menggunakan konsep Al Quran. Meskipun mereka hidup di zaman akhir tetap kuat mempertahankan keimanan, karena islam itu permulaannya terasing dan akan kembali lagi menjadi terasing. Maka bahagialah orang yang mau terasing. (Karena besarnya pengaruh dari non muslim). Oleh sebab itu dalam buku ini akan mama cantumkan beberapa judul dalam blog (www.faizahmahrus.blogspot.com)  Dengan bulan dan tahunnya:

1- KEISTIMEWAAN ALQURAN ( 06 / 2012 ).

2- SIKAP MUSLIM DIAKHIR ZAMAN ( !0 / 2012 ).

3- SIKAP YANG BIJAK (06 / 2012).

4- KEMBALILAH KEPADA ALQURAN DAN HADIS (01 / 2013).

5- CERITA DALAM ALQURAN PALING INDAH ( 12 / 2012 ).

6- CINTA YANG SEJATI (01 / 2013).

7- BESARNYA FITNAH DUNIA ( 10 / 2012).

8- KAPANKAH SYIAR ALLAH TERWUJUD?( 12 / 2012).

9- AKHLAK YANG MULIA ( 12 / 2012).

Adapun pengalaman dalam berdoa contoh: Ketika saya hamil anak yang pertama di Makkah, setiap mendengarkan bacaan Al Quran para Imam  Masjidil haram”.Aku berdoa kepada Allah semoga anak- anakku  nanti bisa hafal Al Quran. Alhamdulillah meskipun setiap anak memiliki kelebihan yang berbeda, namun Hisyam ketika umur 14 th sudah hafal Al Quran, pernah mendapat hadiah dari Syaikh Madinah” DR.KHALID bin MARGHUB Al Hindi” . Tahun kemarin ( 2012 ) juga  diumrahkan oleh “Ustaz H. Harjono Abdul Aziz. Solo. Beliau penyebab tercetaknya sebagian buku da'wahku meskipun tidak saya jual belikan. Semoga mereka dibalas oleh Allah dengan kebaikan. Begitu juga saya bisa berda'wah melalui blog penyebabnya Hisyam. Adapun Mubasysyiratin umur 12 hafal Al Quran dan setelah itu  mengajar meskipun sambil belajar. Dialah yang berhasil membiayai Wardah bisa hafal Al Quran dan Jamilah.masih pertengahan.  
.
Adapun anak yang kedua " FAISAL” Dialah yang membiayai kedua adiknya sehingga bisa hafal Al Quran. Yaitu Fairuz S dan Muhammad  Insya Allah. Aku berharap mereka menjadi pengajar yang terbaik. Berdasarkan Hadis”Sebaik-baik kalian adalah orang yang mau belajar Al Quran dan mau mengajarkannya”.
       
Beban atau tugas yang kita terima terkadang terasa berat namun semuanya bisa teratasi dengan mudah. Karena janji Allah “Apabila kalian menolong Allah maka Allah akan menolong kalian. Dari pengalaman ini anak-anak saya sarankan agar setiap pagi dan sore murajaah hafalannya, dan membaca doa-doa dari Rasul maka semua beban menjadi ringan ketika mendapat pertolongan Allah.

4- Apabila diantara mereka ada yang mementingkan diri sendiri, aku coba menceritakan sifat –sifat Nabi Isa dalam QS Maryam 30-33.

قَالَ إِنِّي عَبْدُ اللَّهِ ءَاتَانِيَ الْكِتَابَ وَجَعَلَنِي نَبِيًّا(30)وَجَعَلَنِي مُبَارَكًا أَيْنَ مَا كُنْتُ وَأَوْصَانِي بِالصَّلَاةِ وَالزَّكَاةِ مَا دُمْتُ حَيًّا(31)وَبَرًّا بِوَالِدَتِي وَلَمْ يَجْعَلْنِي جَبَّارًا شَقِيًّا(32)وَالسَّلَامُ عَلَيَّ يَوْمَ وُلِدْتُ وَيَوْمَ أَمُوتُ وَيَوْمَ أُبْعَثُ حَيًّا(33).

Berkata Isa: "Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi. dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup, dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka.

6 perbuatan inilah yang menyebabkan Nabi Isa diangkat derajatnya. Adapun untuk kita: 1- Mendahulukan atau berpegang kepada Al Quran. 2- Memberkati orang yang disekelilingnya, ya'ni suka menolong. 3- Mementingkan salat  karena untuk mendekat kepada Allah.  4- Zakat atau sadaqah untuk mendekat kepada manusia. 5- Berbakti kepada ibu, doanya kita butuhkan. 6- Menjauhi sifat sombong, karena sifat ini penyebab tidak bisa masuk surga.
 Namun keberhasilan nabi Isa, diantaranya mewarisi kebaikan ibunya, (karena sabar/taat, banyak ibadah)
Alhamdulillah, dari cerita inilah Allah memberi hidayah kepada mereka,  yang akhirnya punya jariyah.  WallahuA’lam. 
Untuk adik-adiknya sekarang masih dalam tahap permulaan serta pertengahan menghafal, semoga mendapat kemudahan dan menjadi anak yang selamat. Mereka adalah Nafisah, Jamilah, Ihsan, Aisyah, Abdullah, dan Mahdiyyah.

Semoga adanya pengalaman ini bisa dibuat pelajaran, terutama untuk anak-anakku dan santriwati  serta ibu-ibu yang ingin selamat, mudah-mudahan dikabulkan oleh Allah. Amin.

                           Apabila terdapat hilaf mohon diberi tahu.

                                                  Wassalam.



2 komentar:

Anonim mengatakan...

Bagus sekali bisa dimanfaatkan,semoga ustadzah selalu dalam lindungan Allah, bisa mengerjakan apa yang ditulis, mengikuti ajaran al quran dan hadis dengan benar agar menjadi istri salihah, bukan thalihah, taat pada suaminya bukan selalu menentangnya...........amin

Faizahmahrus mengatakan...

Memang tujuan pertamaku dalam membikin blog, agar bisa menyampaikan apa-apa yang sudah disampaikan oleh Rasul kepada kita, sehingga kebenaran bisa dimanfaatkan oleh orang banyak. Dan aku berlindung dari ilmu yang tidak bermanfaat, dan berdoa agar dikumpulkan dengan orang-orang yang salih. Begitu juga anda. Amin.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

About Me

Faizahmahrus
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengunjung