pembukaan

Jumat, 18 Januari 2013

surat untuk KH.Ushfuri.


                                                PENULIS BUKU.


Bismillahirrahmanirrahim.



Kepada :

Yth: Pimpinan pesantren Buntet “Bpk KH.Ushfuri.

Di tempat.


Assalamualaikum Wr .   Wb.


Afwan sebelumnya, dalam buku karangan ustaz yang menganjurkan agar mencoblos PKB, sedangkan dalam buku itu dijelaskan " Barang siapa yang tidak mencoblos PKB tidak akan di ampuni dosanya".  Apakah dalam hal ini tidak membikin tambahnya perpecahan ummat islam Pak Yai ? Bukankah Ummat islam sudah dilarang untuk berpecah belah ? Apabila bawahannya berpecah belah kita sampaikan saja bahwa Rasulullah tidak mengikuti golongan yang berpecah belah. Sebagaimana dijelaskan dalam QS Al  An ‘am 159.
   
إِنَّ الَّذِينَ فَرَّقُوا دِينَهُمْ وَكَانُوا شِيَعًا لَسْتَ مِنْهُمْ فِي شَيْءٍ إِنَّمَا أَمْرُهُمْ إِلَى اللَّهِ ثُمَّ يُنَبِّئُهُمْ بِمَا كَانُوا يَفْعَلُونَ(159)
Sesungguhnya orang-orang yang memecah belah agamanya dan mereka (terpecah) menjadi beberapa golongan, tidak ada sedikitpun tanggung jawabmu terhadap mereka. Sesungguhnya urusan mereka hanyalah (terserah) kepada Allah, kemudian Allah akan memberitahukan kepada mereka apa yang telah mereka perbuat.

Perpecahan memang berdampak negatif, maka dari itu Allah sudah melarang jangan sampai ( ummat islam ) berpecah belah. Sebagaimana yang tercantum dalam QS Al Anfal 46:
وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَلَا تَنَازَعُوا فَتَفْشَلُوا وَتَذْهَبَ رِيحُكُمْ وَاصْبِرُوا إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ(46)
Dan ta`atlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

 Dan taatilah Allah dan Rasul dan janganlah kamu berselisih yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan kekuatanmu hilang, dan bersabarlah sungguh Allah beserta orang-orang yang sabar.

Agama adalah nashihat untuk seluruh kaum muslimin, dan tidak ada paksaan dalam agama. Untuk itu apabila ada sahabat yang berbaiat kepada Rasul, Beliau bersabda semampumu. 
Karena tidak sia-sia apa yang kamu kerjakan pasti ada balasan.      

Adapun tentang perpecahan mereka hanyalah Allah yang akan membalasnya. Dan Allah tidak akan menganiaya hambaNya, malah suatu kemurahan dari Allah bagi orang yang berbuat baik ( pahalanya )dilipatkan sepuluh kali, namun bagi yang berbuat kejahatan dibalas sesuai dengan kejahatannya. Sebagaimana firman Allah dalam QS Al An ‘am 160.
مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا وَمَنْ جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزَى إِلَّا مِثْلَهَا وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ(160)
Barangsiapa membawa amal yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan yang jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan).

Namun yang perlu kita fahami adalah perintah dan larangan Allah dalam masalah tolong menolong. Sebagaimana yang tercantum dalam QS Al Maidah 2.

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ(2)
. Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.

Apalagi buku tersebut  sampai di cetak. Bagaimanakah dengan firman Allah yang tercantum dalam QS Al Baqarah 79.

فَوَيْلٌ لِلَّذِينَ يَكْتُبُونَ الْكِتَابَ بِأَيْدِيهِمْ ثُمَّ يَقُولُونَ هَذَا مِنْ عِنْدِ اللَّهِ لِيَشْتَرُوا بِهِ ثَمَنًا قَلِيلًا فَوَيْلٌ لَهُمْ مِمَّا كَتَبَتْ أَيْدِيهِمْ وَوَيْلٌ لَهُمْ مِمَّا يَكْسِبُونَ(79)
Maka kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang menulis Al Kitab dengan tangan mereka sendiri, lalu dikatakannya: "Ini dari Allah", (dengan maksud) untuk memperoleh keuntungan yang sedikit dengan perbuatan itu. Maka kecelakaan besarlah bagi mereka, akibat dari apa yang ditulis oleh tangan mereka sendiri, dan kecelakaan besarlah bagi mereka, akibat dari apa yang mereka kerjakan.

Kita sebagai manusia biasa tidak berhak melarang atau memerintah seseorang
tanpa ada dalil yang jelas. Sebagaimana firman Allah dalam QS An Nahl 116-117.

وَلَا تَقُولُوا لِمَا تَصِفُ أَلْسِنَتُكُمُ الْكَذِبَ هَذَا حَلَالٌ وَهَذَا حَرَامٌ لِتَفْتَرُوا عَلَى اللَّهِ الْكَذِبَ إِنَّ الَّذِينَ يَفْتَرُونَ عَلَى اللَّهِ الْكَذِبَ لَا يُفْلِحُونَ(116)مَتَاعٌ قَلِيلٌ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ(117)
Dan janganlah kamu mengatakan terhadap apa yang disebut-sebut oleh lidahmu secara dusta "Ini halal dan ini haram", untuk mengada-adakan kebohongan terhadap Allah. Sesungguhnya orang-orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah tiadalah beruntung.
(Itu adalah) kesenangan yang sedikit; dan bagi mereka azab yang pedih.

Dan apabila kebenaran itu sudah jelas maka kita di perintahkan untuk  menyampaikannya meskipun dalam penyampaian itu ada yang menerima juga ada yang menolak mereka disediakan balasan sesuai dengan perbuatannya masing-masing. Adapun balasan bagi orang- orang  kafir diberi air seperti besi yang mendidih, adapun bagi orang yang beriman disediakan surga Aden, yang luar biasa keni’ matannya. Sebagaimana Allah telah menjelaskan dalam firmanNya QS Al Kahfi 29-31.     

وَقُلِ الْحَقُّ مِنْ رَبِّكُمْ فَمَنْ شَاءَ فَلْيُؤْمِنْ وَمَنْ شَاءَ فَلْيَكْفُرْ إِنَّا أَعْتَدْنَا لِلظَّالِمِينَ نَارًا أَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا وَإِنْ يَسْتَغِيثُوا يُغَاثُوا بِمَاءٍ كَالْمُهْلِ يَشْوِي الْوُجُوهَ بِئْسَ الشَّرَابُ وَسَاءَتْ مُرْتَفَقًا(29)إِنَّ الَّذِينَ ءَامَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ إِنَّا لَا نُضِيعُ أَجْرَ مَنْ أَحْسَنَ عَمَلًا(30)أُولَئِكَ لَهُمْ جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهِمُ الْأَنْهَارُ يُحَلَّوْنَ فِيهَا مِنْ أَسَاوِرَ مِنْ ذَهَبٍ وَيَلْبَسُونَ ثِيَابًا خُضْرًا مِنْ سُنْدُسٍ وَإِسْتَبْرَقٍ مُتَّكِئِينَ فِيهَامُتَّكِئِينَ فِيهَا عَلَى الْأَرَائِكِ نِعْمَ الثَّوَابُ وَحَسُنَتْ مُرْتَفَقًا(31)
Dan katakanlah: "Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir". Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang-orang zalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek. Sesungguhnya mereka yang beriman dan beramal saleh, tentulah Kami tidak akan menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengerjakan amalan (nya) dengan baik. Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga `Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat-istirahat yang indah;

Andaikan dunia seisinya  berupa emas maka tidak akan bisa ditukar dengan keni’matan surga, betapa mahalnya surga namun ada janji Rasul yang artinya “ Semua ummatku akan masuk surga kecuali orang yang membantah. Para sahabat bertanya” Siapakah mereka wahai Rasulullah? Beliau menjawab”Barang siapa yang taat kepadaku akan masuk surga dan barang siapa yang durhaka kepadaku sungguh dia telah membantah.
.  
Namun kebanyakan manusia memilih kesenangan dunia karena besarnya fitnah dunia, sehingga melupakan akhirat. Padahal bagi orang yang bertakwa baginya disediakan surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai mereka kekal didalamnya dan pasangan-pasangan yang suci serta keridlaan Allah. Sebagaimana yang tercantum dalam QS Ali Imran 14-15.

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ذَلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآبِ(14)قُلْ أَؤُنَبِّئُكُمْ بِخَيْرٍ مِنْ ذَلِكُمْ لِلَّذِينَ اتَّقَوْا عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا وَأَزْوَاجٌ مُطَهَّرَةٌ وَرِضْوَانٌ مِنَ اللَّهِ وَاللَّهُ بَصِيرٌ بِالْعِبَادِ(15)
Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).
Katakanlah: "Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?" Untuk orang-orang yang bertakwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya. Dan (mereka dikaruniai) isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan Allah: Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.

Keni’matan tersebut diberikan kepada mereka yang bertakwa, siapakah mereka itu?
a) Mereka yang berdoa dan mohon ampunan serta berlindung dari siksa neraka. 
b)  Bagi mereka yang sabar dan termasuk orang yang benar, serta taat, begitu juga orang yang menginfakkan hartanya, dan mohon ampunan pada waktu sebelum fajar

Sebagaimana firman Allah dalam QS Ali Imran 16-17.

الَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا إِنَّنَا ءَامَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ(16)الصَّابِرِينَ وَالصَّادِقِينَ وَالْقَانِتِينَ وَالْمُنْفِقِينَ وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ(17)
(Yaitu) orang-orang yang berdo`a: "Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka," (yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap ta`at, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur.


Semoga kita termasuk orang yang bisa menerima kebenaran  Amin

                             Apabila terdapat hilaf, mohon diberi tahu.


                                                  Wassalam

.

0 komentar:

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

About Me

Faizahmahrus
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengunjung