pembukaan

Rabu, 27 Desember 2017

DA'WAH YANG TERTUKAR.

                     Hasil gambar untuk bismillah arab                             
Mestinya dakwah dasarnya ayat (kebanyakan mereka tidak suka). ”Justru mereka lari dari kebenaran. QS Nuh 6.
Sehingga banyak pencerama yang menggunakan akal, perdebatan meskipun menyelisihi ayat. Contoh:
a)Membenarkan TKW.
b)Mendukung pergaulan bebas.
c)Tasarrufan harta kurang tepat.

a)Membenarkan TKW.
Ada ustaz memuji TKW, beliau bilang" Mereka orang yang mencari rezeki Allah dari jauh-jauh karena memperjuangkan keluarganya.
Komentar Faizah: Secara akal masuk, syariat? Dibantah ayat (wanita agar menetap di rumah) tugas keluarga, memperbanyak salat, …… . Berkaitan dengan QS Al Ahzab 33.
 
Maryam tanpa suami, namun ”Setiap kali Zakariya (pamannya) masuk menemuinya di mihrab (kamar khusus ibadah) dia dapati makanan disisinya. ………..Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki tanpa perhitungan. QS Ali Imran 37.

Barang siapa yang bertakwa kepada Allah maka baginya akan diberi kemudahan/jalan keluar, dan diberinya rezeki dari arah yang tiada terduga.
Andaikan terpaksa keluar hendaknya disertai mahram (Aisyah ra  ketika umrah) Nabi memerintahkan agar Abdur Rahman (saudara Aisyah) mendampinginya. Kecuali jarak dekat/terpaksa.

Seorang lelaki dapat undian perang, dia bilang kepada nabi (istrinya mau berangkat haji) Maka Rasul bersabda” Dampingilah istrimu/tidak usah ikut berperang. Janganlah perempuan pergi kecuali dengan mahram”.

Maslahatnya untuk wanita itu sendiri (di jalan banyak kebutuhan/kondisi lemah/menimbulkan fitnah). 

Orang bertanya” Boleh/tidak wanita pergi (haji/umrah) tanpa mahram?
Jawabannya ada dua.

1)Tidak boleh.
2)Boleh.

1) Tidak boleh.
Berdasarkan hadis diatas tadi (larangan pergi sendi tanpa mahram) Banyak ulama Saudi mengatakan” Lebih baik tidak berhaji dari pada tanpa mahram. (meskipun rombongan).
Syarat haji “ Yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan kesana. Adapun bagi yang mampu tapi menunda-nunda" Maka tunggulah sampai Allah mendatangkan perkaranya (peringatan). QS At Taubah 24.

2)Boleh.
Mereka berpedoman dalil (ketika para wanita haji wada') di antarkan Ibnu Abbas). 
Andaikan hadis tersebut sahih maka tercantum dalam kitab -kitab hadis, sayangnya belum bisa ditemukan hadis tersebut. 
Saya lebih sreg ketika didampingi mahram (tidak tahu apa yang akan terjadi di jalan).
Menghindari kebohongan, karena masuk tanah suci di tanyai mahramnya/bukan mahram palsu.

Barang siapa mengingkari (kewajiban haji) maka ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya…….QS Ali Imran 97.    

b)Mendukung pergaulan bebas.
Saya terdengar ustaz Ainun cerama (tidak apa-apa teman laki perempuan berdempetan naik motor….….”).
Komentar Faizah: Nafsu? Ok, ayat menolak, karena barang siapa berduaan tanpa mahram maka ketiganya adalah setan.
Dan janganlah kamu mendekati zina, (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji dan suatu jalan yang buruk. QS Al Isro’ 32.
Sehingga untuk menghindari perbuatan keji, lain jenis diperintahkan menjaga pandangan. Berkaitan dengan QS An Nur 30-31. 
Banyak hamil diluar nikah akibat pergaulan bebas/nikah dipersulit, inilah cara kafirin memadamkan cahaya islam. “ Tetapi Allah menolaknya, malah berkehendak menyempurnakannya cahaya Nya, walaupun orang-orang kafir itu tidak menyukai. QS At Taubah 32.
 
c)Tasarrufan harta kurang tepat.
Banyak takmir masjid yang kurang bijak dalam mengelola harta/sodaqah, mestinya dikembalikan kepada yang berhak.
Untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, muallaf, untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berhutang, untuk jalan Allah, dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah…..At Taubah 60.
Mereka bilang: Buat biaya pengajian, renovasi, dll, dari pada diberikan dlu’afa’ nanti dibuat maksiyat.
Komentar Faizah: Diantara sifat calon penduduk surga ialah” Dan pada harta benda mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak meminta. QS Az Zariyat 19.
Ayat diatas umum, andaikan mereka mendapat perhatian (diberi sembako/baju salat dll) mereka akan lebih semangat ke Masjid.

Diatara penyebab muslimin banyak yang murtad karena musuh bagi-bagi sembako, uang, sedangkan lingkungan muslimin banyak urunan
Perjuangan butuh kesabaran/proses, karena hidayah diberikan kepada orang yang dikehendaki Nya. 

Serambi Masjid Rasul banyak dlu’afa yang menjadi tanggungan beliau, meskipun masjidnya sangat sederhana, namun sangat membantu perkembangan da'wah. 

Waktu itu tidak ada kebid’ahan (rutinan bergilir, walimah di gedung, cerama undangan,  dll) termasuk membangun masjid dlirar (menyita hak keluarga/dlu'afa'), untuk itu dilarang.

Rasul pernah berbincang-bincang dengan para sahabat di masjid/ berkhotbah, sehingga tidak membutuhkan banyak biaya, mereka merujuk kepada Al Quran/hadis.

Orang bilang: Membaca Al Qur'an sendiri kurang paham.
Komentar Faizah: Alif lam Ra. Ini adalah ayat-ayat Kitab (Al Qur’an yang jelas). Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Qur’an berbahasa Arab agar kamu mengerti. QS Yusuf 1-2.
Maksudnya (mudah dipaham), bagi kita terjemah bahasa Indonesia. Yang sulit itu pengamalannya. 
Terbukti dizaman nabi kitabnya hanyalah Al Qur’an, tapi masa itu adalah sebaik-baik masa. Di zaman sekarang terlalu banyak kitab/pencerama namun dia sesat dan menyesatkannya.

Hindari perdebatan karena kebenaran cukup disampaikan. “ Kemudian jika mereka mendurhakaimu, maka katakanlah (Muhammad), ”Sesungguhnya aku tidak bertanggung jawab terhadap apa yang kamu kerjakan”. QS Asy Syu’ara’ 216.
Guru suka debat, murid suka bantah. Inilah yang menghabiskan waktu. (mengurangi bacaan/memahami Al Qur’an). Katakanlah” Takutlah kepada Allah semampumu dalam segala hal, itu sudah cukup.   
            
                          Semoga bermanfaat bagi ummat.
                                                                                                 
Terdapat hilaf? No hp 082335054589.
No WA 088212466809




0 komentar:

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

About Me

Faizahmahrus
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengunjung