pembukaan

Sabtu, 25 Agustus 2012

Wanita yang salihah


Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Wanita yang salihah:

Wanita salihah merupakan hiasan yang indah didunia, sedang wanita yang jahat adalah  noda hitam diwajah dunia. Oleh karena itu Allah memberikan bimbingan tentang kretaria wanita yang salihah dalam QS Al Ahzab 31-35.

وَمَن يَقْنُتْ مِنكُنَّ لِلَّهِ وَرَسُولِهِ وَتَعْمَلْ صَالِحاً نُّؤْتِهَا أَجْرَهَا مَرَّتَيْنِ وَأَعْتَدْنَا لَهَا رِزْقاً كَرِيماً ﴿٣١﴾ يَا نِسَاء النَّبِيِّ لَسْتُنَّ كَأَحَدٍ مِّنَ النِّسَاء إِنِ اتَّقَيْتُنَّ فَلَا تَخْضَعْنَ بِالْقَوْلِ فَيَطْمَعَ الَّذِي فِي قَلْبِهِ مَرَضٌ وَقُلْنَ قَوْلاً مَّعْرُوفاً ﴿٣٢﴾ وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى وَأَقِمْنَ الصَّلَاةَ وَآتِينَ الزَّكَاةَ وَأَطِعْنَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيراً ﴿٣٣﴾ وَاذْكُرْنَ مَا يُتْلَى فِي بُيُوتِكُنَّ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ وَالْحِكْمَةِ إِنَّ اللَّهَ كَانَ لَطِيفاً خَبِيراً ﴿٣٤﴾ إِنَّ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْقَانِتِينَ وَالْقَانِتَاتِ وَالصَّادِقِينَ وَالصَّادِقَاتِ وَالصَّابِرِينَ وَالصَّابِرَاتِ وَالْخَاشِعِينَ وَالْخَاشِعَاتِ وَالْمُتَصَدِّقِينَ وَالْمُتَصَدِّقَاتِ وَالصَّائِمِينَ وَالصَّائِمَاتِ وَالْحَافِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَالْحَافِظَاتِ وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيراً وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُم مَّغْفِرَةً وَأَجْراً عَظِيماً ﴿٣٥﴾

031. Dan barangsiapa di antara kamu sekalian (isteri-isteri Nabi) tetap taat pada Allah dan Rasul-Nya dan mengerjakan amal yang saleh, niscaya Kami memberikan kepadanya pahala dua kali lipat dan Kami sediakan baginya rezki yang mulia.
032. Hai isteri-isteri Nabi, kamu sekalian tidaklah seperti wanita yang lain, jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara{kemenyek} sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya, dan ucapkanlah perkataan yang baik. 033..   
. Dan hendaklah kamu tetap dirumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ta`atilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.
034. Dan ingatlah apa yang dibacakan di rumahmu dari ayat-ayat Allah dan hikmah (sunnah Nabimu). Sesungguhnya Allah adalah Maha Lembut lagi Maha Mengetahui.
035. Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mu'min, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam keta`atannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu`, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.

 Sebagai istri tidak boleh  memasukkan tamu laki-laki kedalam rumah, jika tidak ada suaminya atau keluar`dari rumah tanpa `seizin suaminya.

Begitu juga sang suami, jangan sampai termasuk dayyus{orang yang tidak memiliki rasa cemburu kepada istrinya}.dengan membiarkan laki-laki lain masuk  rumah atau bergaul bebas.  Sebagai suami juga jangan cemburu buta sebelum terbukti.

Maka tidak akan bahagia dan mengalami penyesalan serta banyak yang jadi korban bagi wanita yang meninggalkan anak atau keluarganya. Baik untuk mencari harta kekayaan, contoh :TKW, PSK dan lain sebagainya. Mereka tidak akan bahagia dan rusak aqidahnya  karena melanggar ayat-ayat Al Quran. Padahal bagi orang yang diberi keamanan, kesehatan, ada yang di makan / yang diminum hari ini, berarti dunia sudah manjadi miliknya. Ada yang bilang, mungkin karena suaminya bakhil, katakan kepadanya bahwa Rasulullah  sudah memberi izin ( Ambillah secukupnya untukmu dan untuk anak-anak mu ) Sudah tidak ada alasan lagi, tapi hawa nafsunya  yang memberi alasan. 

Ingatlah sejarah Hajar bersama bayinya ( N Ismail )dipadang pasir, tanpa suami, tanpa ada keluarga atau tetangga,belum ada listrik, kehabisan air lagi, namun Hajar tetap sabar dan tawakkal . Akhirnya Allah  mengutus Jibril  ( sebagai penyebab keluarnya air  zam-zam yang penuh berkah ).
Adapun hadisnya sudah tercantum dalam blog saya yang berjudul ' INGIN JADI MUKMIN YANG SUKSES ? Bulan dan tahunnya 2012 / 06. 
 .Begitu juga sejarah Maryam ( melahirkan seorang diri padahal tidak pernah tersentuh lelaki lain, namun Allah memberi cobaan kepadanya ) Sebagaimana yang tercantum dalam QS Maryam 16-23. Sudah saya cantumkan dalam blog saya yang berjudul " PRILAKU ORANG YANG MEMILIKI DERAJAT TINGGI " Bulan dan tahunnya 2012 / 06.

Oleh karenanya Maryam termasuk ibu yang taat dan banyak ibadahnya, pantaslah anaknya N Isa  diangkat menjadi Nabi yang memberkahi dimanapun berada.
Boleh dibaca tentang kehebatan Nabi Isa dalam QS Al Maidah 110. 
إِذْ قَالَ اللّهُ يَا عِيسى ابْنَ مَرْيَمَ اذْكُرْ نِعْمَتِي عَلَيْكَ وَعَلَى وَالِدَتِكَ إِذْ أَيَّدتُّكَ بِرُوحِ الْقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِي الْمَهْدِ وَكَهْلاً وَإِذْ عَلَّمْتُكَ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَالتَّوْرَاةَ وَالإِنجِيلَ وَإِذْ تَخْلُقُ مِنَ الطِّينِ كَهَيْئَةِ الطَّيْرِ بِإِذْنِي فَتَنفُخُ فِيهَا فَتَكُونُ طَيْراً بِإِذْنِي وَتُبْرِئُ الأَكْمَهَ وَالأَبْرَصَ بِإِذْنِي وَإِذْ تُخْرِجُ الْمَوتَى بِإِذْنِي وَإِذْ كَفَفْتُ بَنِي إِسْرَائِيلَ عَنكَ إِذْ جِئْتَهُمْ بِالْبَيِّنَاتِ فَقَالَ الَّذِينَ كَفَرُواْ مِنْهُمْ إِنْ هَـذَا إِلاَّ سِحْرٌ مُّبِينٌ ﴿١١٠﴾
110. (Ingatlah), ketika Allah mengatakan: "Hai `Isa putra Maryam, ingatlah ni`mat-Ku kepadamu dan kepada ibumu diwaktu Aku menguatkan kamu dengan ruhul qudus. Kamu dapat berbicara dengan manusia diwaktu masih dalam buaian dan sesudah dewasa; dan (ingatlah) diwaktu Aku mengajar kamu menulis, hikmah, Taurat dan Injil, dan (ingatlah pula) diwaktu kamu membentuk dari tanah (suatu bentuk) yang berupa burung dengan izin-Ku, kemudian kamu meniup padanya, lalu bentuk itu menjadi burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan (ingatlah), waktu kamu menyembuhkan orang yang buta sejak dalam kandungan ibu dan orang yang berpenyakit sopak dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) diwaktu kamu mengeluarkan orang mati dari kubur (menjadi hidup) dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) diwaktu Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuh kamu) dikala kamu mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir diantara mereka berkata: "Ini tidak lain melainkan sihir yang nyata."  Maidah 110.

 Untuk rumah tangga bahagia, doanya sudah saya cantumkan dalam blog saya yang berjudul "Sukses dengan doa". Adapun bulan dan tahunnya.(06/ 2012). 

عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِي الْجَنَّةَ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ *
  Dari Abdur rahman bin Auf berkata : “ Rasulullah  bersabda:  Bila seorang perempuan menjalankan salat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadan , memelihara farjinya taat kepada suaminya: Di katakan kepadanya:  “Masuklah   surga    dari pintu mana  yang kamu kehendaki” .[1]    

Adapun wanita yang suka menolak keinginan suaminya, alias tidak taat maka akan mendapat kutukan Allah sebagaimana hadis:
     عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِي اللَّه عَنْه قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَعَا الرَّجُلُ امْرَأَتَهُ إِلَى فِرَاشِهِ فَأَبَتْ فَبَاتَ غَضْبَانَ عَلَيْهَا لَعَنَتْهَا الْمَلَائِكَةُ حَتَّى تُصْبِحَ
  Dari Abu Hurairah ra berkata: Rasulullah bersabda : “ Bila seorang lelaki mengajak istrinya  untuk tidur bersama, namun istri menolak, lantas sang suami malam itu marah,  malaikat  melaknat kepadanya hingga pagi [2]


                            Semoga bermanfaat, apabila terdapat hilaf mohon diberi tahu.

                                                                               Wassalam


                                                                                 [1]  HR Ahmad / Musnad Asyrah / 1664

[2] Muttafaq alaih

0 komentar:

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

About Me

Faizahmahrus
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengunjung